Heboh di Medsos, Nasabah Asuransi AIA Geruduk Kantor BCA

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 21 Mar 2022 14:31 WIB
Business woman showing insurance document over white desk at office
Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative
Jakarta -

Ramai di media sosial terkait nasabah asuransi yang mendatangi sebuah kantor cabang BCA. Dia adalah nasabah asuransi AIA.

Dalam video yang diunggah akun M Ahza S Arrasyid disebutkan jika mereka meminta keadilan sebagai korban asuransi AIA.

Nasabah itu mengeluhkan uang yang diklaim tidak sesuai dengan yang disetorkan. Dalam video lainnya nasabah itu juga mencantumkan uang yang masuk sebesar Rp 33 juta selama 7 tahun dan sulit dicairkan.

Kemudian dalam teks video tersebut dia menuliskan terkait due date dan tidak diproses sehingga pengajuan dibiarkan begitu saja. Dalam video itu juga, pihak BCA menyebut jika ini merupakan kewenangan AIA sebagai penjual produk asuransi.

Video ini sudah ditonton sekitar 150 ribu kali dan disukai 3.032 kali. Warga TikTok juga turut berkomentar dalam video tersebut.

Misalnya akun @us*r** menyebut jika kasus AIA atau merek lain kebanyakan kurang paham dan kurang menanyakan detail. Hanya menanyakan keuntungan tapi tidak benar belajar seluruh polisnya.

Selajutnya akun @Ay*tresna*ar* menyebut jika pengunggah video seharusnya ke asuransi AIA. Bukan ke kantor BCA.

Lalu akun @Rh*n* juga menyebut jika pengunggah video harusnya langsung ke AIA. "Langsung ke AIA, saya hubungi pihak AIA dan puji syukur dan amasuk kembali ke rekening BCA saya walaupun ada potongan dari pihak AIA nya," tambah dia.

Selanjutnya akun @Mis*No*** "Kalau mau cepat selesai cari kantor cabang ke AIA terdekat, jangan ke BCA karena mereka nggak tahu apa-apa atau cari bank yanga da agen AIA terbanyak," tulisnya.

Menanggapi hal tersebut Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn mengungkapkan, dalam menjalankan kegiatan usahanya BCA memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku, termasuk ketentuan dan arahan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku lembaga pengawas perbankan.

"Perlu kami informasikan kembali bahwa produk asuransi yang dipasarkan melalui kerja sama bancassurance antara BCA dengan perusahaan asuransi merupakan produk dari perusahaan asuransi," kata Hera kepada detikcom, Senin (21/3/2022).

Dia mengungkapkan BCA berkomunikasi dan berkoordinasi dengan perusahaan asuransi dan otoritas terkait dalam penyelenggaraan bisnis dan operasional perusahaan untuk mendukung iklim bisnis yang sehat serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.



Simak Video "AXA Mandiri Hadirkan Webinar Rayakan Kartini"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)