Simpanan Orang Kaya di Bank Nambah Terus, Pertanda Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 12 Apr 2022 17:10 WIB
business concept money of glass and growht small tree
Foto: iStock
Jakarta -

Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) menyebut bahwa jumlah simpanan orang kaya di bank mengalami pertumbuhan 16% secara tahunan atau year on year (yoy). Apakah itu pertanda baik?

Namun, Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa tak menyebutkan berapa nominal tabungan orang kaya dengan kekayaan di atas Rp 5 miliar.

"Jadi kalau orang kaya, makin bagus ekonominya, semakin kencang tumbuhnya, double digit lah (simpanan mereka di bank), tapi saya nggak ingat lah, bukan nggak tahu, tapi cukup baik ya 16% ya year on year," kata dia di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (11/4/2022).

Dia menjelaskan meningkatnya tabungan orang kaya di perbankan menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia sudah berada di jalur yang bagus, ditambah naiknya harga berbagai komoditas.

"Tapi secara umum pasti karena fondasi ekonominya membaik," jelasnya.

Purbaya menyebut simpanan di bank akan naik terus dengan asumsi pertumbuhan ekonomi tahun ini tumbuh 5%, ditambah inflasi 3% maka nominalnya adalah 8%.

"Itu kira-kira kasarannya, mungkin bisa 8% sampai 10% pertumbuhan nominal PDB kita, itu adalah proyeksi pertumbuhan keuntungan perusahaan kira-kira seperti itu. Nanti orang-orang kaya yang punya perusahaan makin banyak juga duitnya, yang di bawah juga gajinya naik juga. Jadi kalau ekonominya makin bagus semuanya akan happy," tambahnya.



Simak Video "Kata BRI soal Nasabah Robek Buku Tabungan Gegara Saldo Berkurang"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)