ADVERTISEMENT

AIA Sepakbola untuk Negeri Kembali Digelar Usai Vakum 2 Tahun

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 05 Jul 2022 14:13 WIB
AIA Sepakbola untuk Negeri Kembali Digelar Usai Vakum 2 Tahun
Foto: Anisa Indraini/detikcom
Bali -

PT AIA FINANCIAL (AIA) kembali mengadakan AIA Sepakbola Untuk Negeri secara gratis. Program pengembangan bakat yang diluncurkan sejak 2018 itu sempat terhenti dua tahun karena pandemi COVID-19.

Bali menjadi lokasi pertama yang dikunjungi dengan diikuti oleh 100 anak usia 8-12 tahun. Mereka berasal dari klub sepakbola/sekolah di Bali untuk mengikuti coaching clinic bersama dua pelatih International Development Coach Tottenham Hotspur Shannon Chole Moloney dan Jerome Joseph Baker.

"Kita ingin membantu anak-anak Indonesia lebih aktif berolahraga dan berprestasi di bidang sepakbola. Jadi program ini sudah berjalan sejak 2018, waktu itu diawali kedatangan David Beckham dan kami menyumbangkan 10.000 bola, juga mengunjungi 10 kota di seluruh Indonesia," kata Chief Marketing Officer AIA Kathryn Parapak di Lapangan Manunggal Sidakarya, Bali, Selasa (5/7/2022).

Kathryn menyebut program seperti ini akan terus dilanjutkan ke depan seiring mulai pulihnya pandemi COVID-19. Kota selanjutnya yang menjadi tujuan adalah Jakarta, Bandung, hingga Surabaya/Malang.

"Selanjutnya kita akan jalan di Jakarta tanggal 7 (Juli) dengan sekitar 100 anak, termasuk ada beberapa tim binaan perempuan AIA dalam sepakbola. Kami harapkan tahun ini minimal lima kota mudah-mudahan pandeminya aman dan kita bisa menjalankan ke kota-kota lain," imbuhnya.

Sejak diluncurkan pada Maret 2018, AIA Sepakbola Untuk Negeri telah memfasilitasi dan mengembangkan 1.200 talenta muda sepakbola di 20 kota di Indonesia; antara lain di Bandung, Lampung, Manado, Ambon, Tulehu, Palembang, Makassar, Labuan Bajo, Papua dan Lombok. Rangkaian kegiatan berupa penyerahan donasi bola dan coaching clinic termasuk melibatkan tokoh sepak bola nasional, seperti Ponaryo Astaman, Firman Utina, Kurniawan, dan Indra Sjafri.

"Tahun 2019 kita membawa 100 talenta dari seluruh Indonesia ke Phuket (London) untuk training seminggu," ungkapnya.

AIA Sepak Bola untuk Negeri telah meraih berbagai penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya adalah Best Sport CSR Program dari Asia Sports Industry (SPIA Awards) yang digelar di Manila awal Desember 2019.

Melalui program AIA Sepakbola untuk Negeri, AIA juga telah mendukung perkembangan sepakbola perempuan di Indonesia dengan mensponsori klub Liga 1 Putri Indonesia, Persija Putri.

"Ini open for public ya jadi sesuai pendaftaran saja dan biasanya mengundang dari Sekolah Sepak Bola (SSB)," jelasnya.

(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT