ADVERTISEMENT

AIA Kantongi Pendapatan Rp 15,9 T, Bayar Klaim Nasabah Rp 11,49 T

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 05 Jul 2022 10:31 WIB
Gedung asuransi AIA di Jakarta
AIA Kantongi Pendapatan Rp 15,9 T, Bayar Klaim Nasabah Rp 11,49 T/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT AIA FINANCIAL (AIA) mencatat total pendapatan yang dibukukan perusahaan sepanjang 2021 mencapai Rp 15,9 triliun. Total klaim yang telah dibayarkan kepada nasabah sebesar Rp 11,49 triliun.

Direktur Keagenan AIA, Indrasena Patmawidjaja mengatakan hampir 30% pendapatan di antaranya berasal dari kontribusi jalur distribusi keagenan. Pada 2021, bisnis keagenan tumbuh 24% atau jauh lebih tinggi dari pertumbuhan industri.

"Total pendapatan sebesar Rp 15,9 triliun dan telah membayarkan total klaim kepada nasabah sebesar Rp 11,49 triliun sebagai komitmen utama AIA sebagai perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia," kata Indrasena dalam media briefing di Bali, ditulis Selasa (5/7/2022).

Pada semester I-2022, pengumpulan Annualized New Premium (ANP) atau premi yang disetahunkan oleh agen atau Life Planner AIA naik 51% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ini didukung oleh pertumbuhan premi yang dikumpulkan agen aktif rata-rata 26% dan oleh agen anggota MDRT (Million Dollar Round Table) yang tumbuh 89%.

"Di sini kita punya standar salah satu Life Planner yang sukses adalah menjadi MDRT. Ini berarti mampu melayani nasabah dan MDRT sesungguhnya adalah bukan nilai uangnya, tapi pengertian apa artinya mengabdi untuk nasabah," jelasnya.

Saat ini AIA memiliki lebih dari 5.000 Life Planner berlisensi yang jumlahnya akan terus bertambah. Sepanjang 2022, jumlah Life Planner AIA tumbuh hingga 40% dengan rata-rata agen yang aktif mengumpulkan nasabah baru setiap bulan hingga 45%.

"Di AIA, kami tidak lagi menyebut tenaga pemasar kami sebagai agen asuransi karena peran mereka bukan sekadar menjual atau memasarkan produk asuransi. Lebih dari itu, Life Planner AIA membantu nasabah merencanakan kehidupannya sekaligus terlibat dalam perubahan gaya hidup sehat," imbuhnya.

Indrasena menyebut pihaknya akan terus meningkatkan kualitas Life Planner untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik salah satunya melalui platform AIA Vitality.

Tahun ini kami mengaplikasikan strategi The Power of Three with AIA Vitality yaitu Recruitment yang menitikberatkan pada kualitas, Activate memastikan Life Planner terus aktif menghasilkan pendapatan dan Promote meningkatkan kualitas para Life Planner.

Krusialnya peran Life Planner mendorong AIA mengalokasikan investasi sebesar Rp 1,7 triliun untuk menggagas AIA Premier Academy. Diluncurkan pada 2019, program unggulan berkelas dunia ini merupakan 'the best in class agency ecosystem' yang mampu melahirkan tenaga-tenaga pemasar berkualitas di industri asuransi," ucapnya

Sepanjang 2021 AIA membukukan pengelolaan aset senilai Rp 55 triliun dan dipercaya mengelola total dana investasi nasabah (total aset investasi) sebesar Rp 50 triliun. Saat ini kondisi keuangan perusahaan disebut sehat, dengan tingkat rasio solvabilitas yang mencapai 660% atau di atas ketentuan pemerintah yaitu 120%.

(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT