ADVERTISEMENT

Cocoklogi Rupiah: Makin Besar Pecahan, Makin Lebar Senyum Pahlawannya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 19 Agu 2022 13:39 WIB
Pemerintah dan Bank Indonesia resmi meluncurkan tujuh pecahan uang baru 2022. Warga pun mulai ramai-ramai menukarkan melalui kas keliling di Hall Basket Senayan, Jakarta, Jumat (19/8).
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Ramai di media sosial terkait penerbitan uang tahun emisi 2022. Dalam beberapa konten video disebutkan jika gambar pahlawan yang ada di dalam gambar memiliki ekspresi yang berbeda.

Misalnya, makin besar pecahannya makin lebar pula senyumannya. Seperti yang ada pada uang pecahan Rp 100 ribu bergambar Soekarno Hatta.

Dalam uang tersebut, gambar Soekarno dan Hatta memang terlihat dengan senyum yang memperlihatkan gigi. Senyum Soekarno lebih mengembang dibandingkan senyum Bung Hatta.

Untuk pecahan lainnya seperti Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000 gambar pahlawan tampak tidak tersenyum.

Apa benar, semakin kecil nominal maka foto pahlawan akan sulit tersenyum?

Menanggapi hal tersebut, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim mengungkapkan sebenarnya tak ada hubungan antara senyum pahlawan dan nominal uang rupiah yang diterbitkan.

Pasalnya bank sentral sebelum menerbitkan uang pasti melalui serangkaian perizinan mulai dari keluarga ahli waris sampai Kementerian Sosial untuk penggunaan foto para pahlawan.

"Kalau foto pahlawan ini kan didapat dari Kementerian Sosial, jadi gambar aslinya dari sana. Sebelumnya kami juga meminta izin kepada pihak keluarga, kami datangi satu-satu ke keluarga pahlawan dan tanya boleh nggak. Kalau boleh mereka tanda tangan lalu baru kami cantumkan sesuai gambar ini," kata Marlison dalam acar FERBI di Hall Basket GBK, Jumat (19/8/2022).

Dia mengungkapkan, untuk menerbitkan ini BI membutuhkan proses selam dua tahun sejak desain sampai penerbitan. Marlison menegaskan jika benar tak ada hubungan antara nominal dan senyum para pahlawan ini.

"Tidak, tidak. Foto-foto asli di sini tercatat di kementerian Sosial, kan kita tidak boleh ambil sembarangan," ujarnya.

Menurut Marlison uang baru ini menggunakan teknologi terbaru sehingga sulit untuk dipalsukan. Sehingga masyarakat bisa lebih nyaman menggunakan uang rupiah ini.

"Uangnya lbih aman dan lebih colorful atau warna warni. Di belakang ini yang desain semuanya anak anak muda," jelas dia.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT