ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Bunga Tabungan di Bank Sekarang Makin Ciut

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 05 Sep 2022 20:00 WIB
BUMN percetakan uang, Perum Peruri dibanjiri pesanan cetak uang dari Bank Indonesia (BI). Pihak Peruri mengaku sangat kewalahan untuk memenuhi pesanan uang dari BI yang mencapai miliaran lembar. Seorang petugas tampak merapihkan tumpukan uang di cash center Bank Negara Indonesia Pusat, kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (21/10/2013). (FOTO: Rachman Haryanto/detikFoto)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menabung di bank kini mendapatkan bunga yang kecil. Bahkan beberapa tabungan di bank bunganya sudah terus menciut, untuk jumlah tertentu. Tak cuma bunga tabungan biasa, bunga deposito sekarang juga berada di kisaran 2% - 2,5%.

Berikut fakta-faktanya:

Bunga 0%

Dari rangkuman detikcom, di beberapa website bank, untuk tabungan rupiah ini bunganya 0%-1%.

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah jika ingin mendapatkan bunga pada tabungan yang mereka setorkan.

Misalnya untuk Tabungan Rupiah Bank Mandiri untuk tabungan 0 - Rp 1 juta suku bunga 0%, lalu Rp 1 juta sampai kurang dari Rp 50 juta juga berlaku bunga 0%.

Bisa Dapat Bunga Asal....

Bank juga masih memberikan bunga untuk tabungan. Ada syarat dan ketentuannya yaitu jumlah tabungan harus di atas Rp 50 juta hingga di atas Rp 1 miliar. Bunga tabungan bervariasi mulai dari 0,10% hingga 0,60%.

Tak cuma itu ada juga bank yang memberikan bunga jika saldo rata-rata dalam satu bulan Rp 1 juta hingga Rp 100 juta.

Jauh dengan Bunga Kredit

Bunga tabungan yang kini 0% sangat beda jauh dengan bunga kredit yang masih berada di atas 5%. Bahkan untuk beberapa segmen bunga kredit ini masih double digit di beberapa bank. Seperti kredit mikro yang masih double digit.

Uang di Bank Untuk Transaksi

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengungkapkan memang untuk bunga bank yang nol persen hingga biaya admin yang besar bisa mempengaruhi jumlah tabungan.

Menurut dia, sebaiknya rekening tabungan digunakan bukan untuk mengembangbiakan uang.

"Karena dengan bunga segitu (0%), sudah pasti tak akan ada keuntungannya. Apalagi sekarang inflasi dan BBM naik," kata dia.

Andy menyebut sebaiknya rekening tabungan ini digunakan untuk cash flow sehari-hari atau menerima gaji, untuk transaksi bisnis.

(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT