Nabung di Bank Nggak Ada Bunganya Lagi, Enaknya Taruh Duit di Mana Ya?

ADVERTISEMENT

Nabung di Bank Nggak Ada Bunganya Lagi, Enaknya Taruh Duit di Mana Ya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 08 Sep 2022 12:43 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

'Bang bing bung yok kita nabung. Tang ting tung hey jangan dihitung. Tau tau kita nanti dapat untung'. Sepenggal lirik lagu berjudul Menabung yang dinyanyikan Saskia dan Geofanny di era 1990an ini rasanya sudah tidak relevan lagi sekarang.

Pasalnya menabung di bank kini bunganya 0% alias tak ada untungnya. Bisa dibilang malah buntung karena tak ada bunga, tapi biaya administrasi tetap dikenakan setiap bulannya.

SVP Retail Deposit Product And Solution Group Bank Mandiri Evi Dempowati menjelaskan pemberian suku bunga cukup bervariasi di Bank Mandiri menyesuaikan dengan value proposition produk yang ditawarkan yang dapat dipilih dan dimanfaatkan nasabah sesuai dengan kebutuhan perbankannya.

"Dan tentunya juga menyesuaikan dengan tren suku bunga di bank pesaing," kata dia saat dihubungi, Kamis (8/9/2022.

Dia mencontohkan saat ini suku bunga Tabungan Rupiah Bank Mandiri untuk Rp 0 - Rp 500 juta adalah sebesar 0,6%.

Sementara pada produk Tabungan Bisnis Rupiah Bank Mandiri yang ditujukan untuk nasabah pebisnis, suku bunga untuk Rp 0 - Rp =1 miliar adalah sebesar 1,0%.

Untuk biaya administrasi, Evi menjelaskan ini dikenakan kepada nasabah dan akan dimanfaatkan oleh Bank Mandiri untuk terus meningkatkan dan mengembangkan layanan transaksi keuangan bagi nasabah.

Bank Mandiri secara konsisten terus meningkatkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bertransaksi nasabah di seluruh channel. Bank juga terus berinovasi untuk penyediaan akses lengkap di berbagai e-channel pengembangan secara digital pada Livin' by Mandiri, Kopra by Mandiri, Mandiri Smart Branch, dan lainnya memfokuskan pada kemudahan bertransaksi di dalam dan luar negeri; sampai dengan penyediaan benefit engagement dan loyalty yang dapat dinikmati nasabah Bank Mandiri di berbagai partner strategis.

Enaknya taruh uang di mana? Cek halaman berikutnya.

Simak juga Video: Mendagri Minta Pemda Ikut Atasi Inflasi, Transfer ke Daerah Bisa Saja Dikurangi

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT