Koin Baru Inggris Bergambar Raja Charles Dicetak, Ini Penampakannya

ADVERTISEMENT

Koin Baru Inggris Bergambar Raja Charles Dicetak, Ini Penampakannya

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 28 Okt 2022 08:05 WIB
Koin Baru Inggris Bergambar Raja Charles Dicetak, Ini Penampakannya
Koin Baru Inggris Bergambar Raja Charles Dicetak, Ini Penampakannya/Foto: Dok. BBC
Jakarta -

Koin 50 pence bergambar Raja Charles mulai dicetak. Produksinya dilakukan di The Royal Mint di Llantrisant, Wales.

Koin 50 pence ini baru akan dirilis pada Desember 2022. Menurut pematung Martin Jennings yang menciptakan potret raja, menyaksikan koin ini diproduksi adalah pengalaman luar biasa.

Martin menyebut butuh kerja keras dan waktu berbulan-bulan untuk mendapat gambar yang pas. Adapun gambar pada koin 50 pence adalah potret Raja Charles di ulang tahun ke 70-nya.

"Itu harus menjadi potret yang tepat dan bisa mengatakan sesuatu tentang nilai-nilai abadi dari institusi yang dia wakili," kata Mr Jennings dikutip dari BBC, Jumat (28/10/2022).

Kehadiran koin ini mengikuti tradisi berabad-abad di mana wajah raja menghadap ke arah kiri. Berbeda dengan Ratu Elizabeth, potret Raja Charles tidak mengenakan mahkota.

Raja Charles secara pribadi menyetujui patung itu dan disebut senang dengan gambar tersebut. Sisi lain dari koin adalah salinan desain yang digunakan pada Mahkota 1953 yang dibuat untuk memperingati penobatan Ratu.

Ini termasuk empat perempat dari Royal Arms digambarkan dalam perisai. Di antara setiap perisai ada lambang negara, yaitu mawar, thistle, shamrock, dan daun bawang.

Koin 50 pence mulai didistribusikan sesuai dengan permintaan oleh bank, lembaga pembangunan, dan kantor pos. Sekitar 9,6 juta koin 50 pence dari desain terbaru akan dibuat. Uang koin ini akan beredar bersamaan dengan koin bergambar ratu, sehingga 27 miliar koin bisa digunakan transaksi.

Anne Jessopp, Kepala Eksekutif The Royal Mint, menjelaskan koin umumnya bertahan selama 20 tahun. Koin bergambar Ratu Elizabeth dan Raja Charles akan beredar bersama selama bertahun-tahun yang akan datang.

Mulai awal tahun depan, koin dari 1 pence hingga 2 poundsterling yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari akan dicetak dengan gambar Raja Charles yang sama. Koin itu akan dikirim saat dibutuhkan untuk mengganti koin lama yang rusak dan untuk memenuhi permintaan tambahan.

"Orang-orang tidak perlu khawatir jika mereka memiliki koin dengan Ratu. Kami akan menyimpan koin-koin itu dalam sirkulasi," kata Jessopp.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT