Jadi BNI Agen46, Pelaku Usaha Bisa Bantu Akses Perbankan di Wilayah 3T

ADVERTISEMENT

Jadi BNI Agen46, Pelaku Usaha Bisa Bantu Akses Perbankan di Wilayah 3T

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Kamis, 10 Nov 2022 18:22 WIB
Agen BNI46
Foto: BNI
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendorong peran BNI Agen46 untuk memberikan layanan perbankan kepada masyarakat di wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T). Salah satunya di Pulau Melonguane yang berada di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Perjalanan menuju pulau tersebut membutuhkan waktu tempuh satu setengah jam perjalanan menggunakan pesawat terbang dan 13 jam perjalanan menggunakan kapal laut dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Untuk tetap memberikan layanan keuangan yang optimal, BNI telah memiliki BNI Agen46 yang beroperasi di sana, yang dikelola oleh Catur Wulan Sari.

Catur merupakan pemilik kios sembako, dan telah bergabung menjadi BNI Agen46 sejak 5 tahun yang lalu. Dia menyebut berkat kehadiran BNI Agen46 kini masyarakat bisa dengan mudah mengakses layanan perbankan, mulai dari pembukaan rekening, tarik atau setor tunai, transfer, berbagai pembayaran tagihan, hingga pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi masyarakat di Pulau Melonguane.

"Keluarga saya telah lama menjadi nasabah BNI. Setelah saya menikah dengan suami saya dan menetap di sini, kami pun membuka kios sembako yang kemudian dijadikan Agen46. Usaha kami pun semakin maju dan berkembang karena lebih banyak orang yang mengunjungi kios ini, baik untuk berbelanja ataupun bertransaksi," ujar Wulan dalam keterangan tertulis, Kamis (11/10/2022).

Diketahui, BNI Agen46 merupakan mitra agen laku pandai BNI baik perorangan atau badan hukum yang telah bekerja sama dengan BNI untuk menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat berupa layanan laku pandai, layanan keuangan digital (lkd) dan layanan e-payment. Saat ini tercatat sudah ada 7,5 ribu BNI Agen46 yang melayani transaksi perbankan berbagai daerah 3T di Indonesia.

Sebelum kiosnya menjadi BNI Agen46, Wulan mengatakan masyarakat Melonguane masih banyak menggunakan uang tunai sebagai alat transaksi, baik transaksi pribadi maupun usaha. Kini, masyarakat tidak perlu lagi bepergian antar pulau dengan membawa uang tunai dalam jumlah besar hanya untuk berbelanja.

"Masyarakat menjadi semakin antusias untuk menabung di bank. Masyarakat yang baru saja mendapatkan uang dari hasil penjualan dagangan dapat dengan mudah menyetorkannya ke BNI melalui kios saya ini. Kios saya juga dapat membantu pengusaha sekitar untuk mengajukan KUR BNI," kata Wulan.

Selain itu, masyarakat Melonguane juga tidak perlu khawatir akan ketersediaan layanan perbankan selama libur Natal dan Tahun Baru 2023. Karena kiosnya akan tetap buka untuk melayani transaksi masyarakat yang sedang menikmati masa liburannya, termasuk masyarakat yang pulang kampung dari daerah perantauan.

Sementara itu, Direktur Network & Services BNI Ronny Venir mengatakan pengalaman Wulan menjadi bukti pelaku usaha juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang belum bisa menggunakan layanan perbankan.

"Pelaku usaha dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang belum dapat mengakses layanan perbankan dengan menjadi BNI Agen46," ujar Ronny.

Kinerja BNI Agen46

Lebih lanjut Ronny menjelaskan per September 2022 jumlah BNI Agen46 sudah mencapai 165.059, atau meningkat 10,7% secara tahunan (YoY). Selain itu, Dana Pihak Ketiga (DPK) yang terkumpul di Agen46 mencapai Rp 2,66 triliun, meningkat 12,7% secara YoY.

Jumlah transaksi yang dilakukan masyarakat melalui Agen46 pun ikut mengalami kenaikan. Diketahui per September 2022 transaksi bulanan masyarakat mencapai Rp 10,36 juta.

Ronny menegaskan jika berminat untuk menjadi BNI Agen46 pelaku usaha dapat melakukan pendaftaran dengan mendatangi kantor cabang BNI terdekat. Kemudian mengisi formulir yang tersedia, dan nantinya akan dilayani sampai pengajuan diproses hingga selesai.

Selain itu, pelaku usaha juga dapat mendaftarkan diri melalui situs registrasi online BNI Agen46 yaitu https://agenbni46.bni.co.id/register dengan melengkapi data-data yang dibutuhkan sesuai formulir.

"Jadi pendaftarannya sangat mudah, bisa langsung mendatangi kantor cabang BNI terdekat ataupun melalui layanan registrasi online resmi BNI Agen46," pungkasnya.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT