5 Kerjaan Ini Lagi Banyak Dicari Lho, Minat?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 22 Apr 2021 19:00 WIB
Surat Lamaran Kerja
Ilustrasi/Foto: Dok. Thinkstock
Jakarta -

Lowongan kerja dibuka besar-besaran di beberapa sektor sejak awal tahun ini. Hal itu sesuai dengan data lowongan kerja yang ada di situs pencarian kerja Jobstreet.

Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim menjabarkan ada 5 posisi yang akan banyak dicari saat ini oleh perusahaan.

Profesi pertama adalah sales dan marketing, kemudian yang kedua adalah bagian keuangan atau finance. Dua profesi ini banyak yang mengalami pengurangan selama pandemi, saat ekonomi bangkit kini perusahaan mulai mencari posisi tersebut.

"Paling pertama ini adalah bagian yang jumlahnya banyak, yaitu sales and marketing, lalu accounting and finance. Begitu ekonomi bangkit, setelah jumlah dua profesi ini dikurangi selama pandemi kini dia nambah lagi," papar Faridah dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/4/2021).

Kemudian juga dengan seiring masifnya penggunaan teknologi komunikasi di masa pandemi, profesi yang ketiga paling banyak dicari adalah IT dan ahli komputer.

"Kemudian ada pergeseran di profesi IT dan komputer. Mereka mulai banyak dicari karena mulai adanya pergeseran ke dunia digital," jelas Faridah.

Kemudian profesi keempat yang juga banyak dicari adalah bagian admin dan HRD. Lalu, posisi yang kelima yang banyak dicari perusahaan adalah profesi pekerja pabrik atau manufacturing.

Sementara itu bila dilihat sektor industrinya, ini 5 sektor yang disebut Farida akan membuka banyak lowongan kerja:
1. Industri otomotif
2. Perusahaan telekomunikasi
3. Pabrik-pabrik industri berat/heavy industries
4. Konstruksi gedung dan bangunan
5. Properti

(hal/eds)