3 Tips Manjur Biar Lamaran Kerja Nggak Ditolak Perusahaan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 22 Apr 2021 18:12 WIB
surat lamaran kerja
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Melamar kerja bukan lah hal yang mudah. Tak jarang meski memiliki spesifikasi yang mumpuni ada saja pencari kerja yang lamaran kerjanya ditolak perusahaan.

Human Capital Recruitment Management Kawan Lama, Mariana Sianturi berbagi rahasianya agar lamaran kerja tidak ditolak oleh perusahaan. Pertama, Mariana mengatakan pencari kerja harus membuat CV alias riwayat hidup yang menarik.

Dia mengingatkan jangan cuma tampilannya saja yang menarik, isinya juga harus bisa menarik hati perekrut. Apabila pekerjaan yang diramal membutuhkan portofolio atau hasil kerja, Mariana mengingatkan agar portofolio itu bisa dilihat dengan mudah.

"Kandidat ini harus bisa bikin CV menarik, jadi bukan cuma tampilan saja tapi isinya juga, harus detail misalnya pengalamannya dia relate nggak dengan posisi yang dilamar," papar Mariana dalam webinar bersama Jobstreet, Kamis (22/4/2021).

Tips yang kedua, si pencari kerja jangan cuma menunggu dari satu lowongan yang dilempar ke satu perusahaan saja. Disarankan juga aktif berburu lowongan kerja dan aktif juga melamar.

"Kemudian sambil menunggu, bisa juga aktif untuk apply di tempat lain, aktif untuk mencari yang lain juga. Jangan lupa harus cepat respons juga kalau ada tawaran masuk," ujar Mariana.

Kemudian tips yang ketiga adalah pencari kerja juga harus rajin belajar keahlian baru dan mengembangkan diri. Menurutnya saat ini sudah banyak kursus online yang bisa menambah pengembangan kemampuan diri.

Dengan begitu keahlian yang ada di riwayat hidup akan semakin kaya dan kandidat pencari kerja bisa mudah dilirik perekrut.

"Kandidat ini juga harus sering update skill kita sekarang kan banyak course online untuk pengembangan diri, kita bisa ambil kerja freelance juga misalnya untuk menambah skill," ungkap Mariana.

(hal/eds)