Follow detikFinance
Senin 08 Jan 2018, 16:06 WIB

Siapa yang Tanggung Biaya Pendidikan Anak Pasca Perceraian?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Siapa yang Tanggung Biaya Pendidikan Anak Pasca Perceraian? Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Salah satu dampak dalam perceraian adalah mengenai biaya nafkah untuk anak, utamanya pendidikan yang selama ini ditanggung suami dan istri.

Lantas, siapa sebenarnya yang wajib menanggung biaya pendidikan anak jika terjadi perceraian?

Perencana Keuangan, Safir Senduk mengatakan, hal ini sudah barang tentu menjadi kewajiban suami sebagai kepala keluarga. Namun seringkali pula, kewajiban tersebut tak dituntaskan meski telah menyatakan kesanggupan masing-masing pasangan nantinya akan terpisah saat perceraian.

"Sebetulnya semua kembali ke keluarga itu, siapa yang tadinya pegang uang. Ketika suaminya dapat penghasilan, mungkin suami hanya kasih uang belanja saja, sisanya suami yang pegang. Ada orang ketika bercerai, si suami enggak mau lagi nerusin menanggung istri atau anaknya sebagian. Biarpun sudah diperintah pengadilan dan istrinya pun bilang iya-iya aja," katanya saat dihubungi detikFinance di Jakarta, Senin (8/1/2018).


Untuk itu, perlu ada pemisahan antara keuangan masing-masing pasangan, agar masalah pendidikan anak pun bisa ditanggung oleh suami maupun istri. Tujuannya untuk memastikan masa depan anak bisa tetap terjaga.

"Karena kalau ada apa-apa, paling enggak si istri atau suami punya tabungan yang bisa dia gunakan untuk kebutuhan keluarganya. Minimal tabungan masing-masing supaya si pasangan tadinya ini bisa meneruskan hidupnya dari tabungannya itu," ucap dia.

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed