Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 14 Jul 2019 21:08 WIB

Produk Reksa Dana Apa yang Cocok untuk Investor Pemula?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Produk reksa dana terdiri dari beberapa jenis antara lain pasar uang, saham, dan pendapatan tetap. Jenis reksa dana tersebut menggambarkan risiko dari tiap reksa dana.

Pemula tak ada salahnya mencoba investasi reksa dana ini. Lalu, produk apa yang cocok?

Perencana Keuangan OneShildt Budi Rahardjo mengatakan, pemula sebaiknya memilih produk berupa reksa dana pasar uang. Sebab, reksa dana ini volatilitasnya tidak terlalu tinggi. Meski, hal itu juga mencerminkan keuntungan yang tidak terlalu besar.



Sejalan dengan itu, tak ada salahnya pemula juga masuk ke reksa dana saham atau campuran sedikit demi sedikit untuk belajar.


"Sebenarnya kalau pemula lebih cocok dimulai dari pasar uang, tapi boleh juga dikit-dikit belajar reksa dana saham atau campuran," ujarnya kepada detikFinance, Minggu (14/7/2019).

Reksa dana pasar uang sendiri merupakan reksa dana yang diinvestasikan pada efek bersifat utang. Dia menambahkan, terpenting dalam investasi ialah dana yang diinvestasikan sanggup diterima risikonya.

"Intinya untuk belajar cobalah dengan dana yang sanggup kita terima risikonya kalau Rp 100 ribu, coba Rp 100 ribu. Kalau Rp 50 ribu cobalah Rp 50 ribu," ujarnya.



Menurut Budi, semakin cepat investasi lebih baik. Dengan begitu, investor jadi punya lebih banyak waktu untuk belajar.

"Apalagi untuk kalangan muda, masih banyak waktu untuk melihat kondisi market dan mempelajari situasinya masih punya waktu belajar," kata Budi.

"Dengan adanya pengalaman lebih tahu mengambil sikap bagaimana dalam menghadapi arah pasar," tambahnya.

Simak Video "Koleksi Sneakers, Investasi Kekinian Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed