ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Jul 2019 15:25 WIB

Selain Kurangi Polusi, Ini Untungnya Naik Angkutan Umum Buat Kamu

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
FOKUS BERITA #enakdisopirin
Jakarta - Polusi di Jakarta kini sedang menjadi sorotan. Pasalnya polusi semakin parah dan berdampak buruk pada kesehatan dan berpotensi mengganggu perekonomian.

Untuk mengurangi dampaknya, kamu bisa mulai beralih menggunakan kendaraan umum dan meninggalkan kendaraan pribadi. Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Andy Nugroho mengungkapkan, selain bisa mengurangi polusi, pakai angkutan umum juga bisa memberi dampak positif bagi keuangan rumah tangga.

Misalnya, tak perlu menanggung beban biaya perawatan kendaraan setiap bulannya.

"Manfaatnya itu tidak terbebani penyusutan harga kendaraan, biaya maintenance seperti servis, membersihkan sampai bahan bakar," kata Andy saat dihubungi detikFinance, pekan lalu.


Dia mengungkapkan, selain membantu mengurangi polusi udara di Jakarta, jika menggunakan kendaraan umum tidak perlu repot mencari tempat parkir, membayar parkir, bayar pajak kendaraan dan risiko kerusakan atau kehilangan serta pengeluaran untuk membeli atau mencicil kendaraan.

Andy juga menambahkan, dengan kendaraan umum maka bisa lebih menghemat tenaga karena tak perlu lelah nyetir motor atau mobil. Selain itu pula, tidak perlu membayar gaji untuk supir.

Jika menggunakan kereta seperti commuterline dan MRT kini bisa lebih efisien, pasalnya sudah banyak stasiun yang terintegrasi dengan halte bus. Bahkan saat ini sudah banyak disediakan bus-bus gratis untuk membantu mobilitas masyarakat di ibu kota.

"Kalau naik kendaraan umum selain bantu kurangi polusi juga enak disetirin sama sopir bus atau masinis keretanya," imbuh dia.


Polusi Jakarta makin parah, kualitas udaranya pun semakin buruk. Yuk, bantu kurangi polusi Jakarta dengan naik angkutan umum. Lagian kan lebih #enakdisopirin daripada nyetir sendiri.

Simak Video "Musim Kemarau dan Udara Jakarta yang Tak Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
FOKUS BERITA #enakdisopirin
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com