Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Nov 2019 16:53 WIB

Mau Setop Berutang? Simak Tips Ini

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Utang merupakan persoalan yang tak boleh dianggap enteng dan harus segera dilunasi. Untuk itu, seseorang dalam mengelola keuangannya harus menghindari jalur-jalur yang bisa membuka kesempatan untuk berutang atau pun menghentikan kebiasaan meminjam uang tersebut.

Bagaimana cara menghentikan kebiasaan berutang? Simak tipsnya dari Perencana Keuangan Eko Endarto.

Eko menuturkan, utang timbul karena seseorang tak bisa menyesuaikan pengeluaran dengan pemasukan. Ia menegaskan, pemasukan seseorang itu tak boleh dihabiskan dengan mengikuti pengeluaran.

"Pengeluaran selalu bersifat tidak terbatas. Padahal pemasukan terbatas. Sehingga ketika pemasukan selalu mengikuti pengeluaran, tidak akan pernah cukup," tegas Eko ketika dihubungi detikcom, Kamis (28/11/2019).


Untuk itu, Eko menyarankan untuk membuat prioritas kebutuhan per bulan. Sehingga, seseorang bisa menghindari pengeluaran yang tak dibutuhkan, dan tak perlu lagi berutang.

"Kita harus buat prioritas sebenarnya. Mana saja yang harus dikeluarkan dan mana yang nggak. Sehingga dengan ada prioritas tadi, kita tahu mana yang harus kita keluarkan, mana yang bisa ditunda, mana yang tidak dikeluarkan sama sekali karena prioritas tadi. Sehingga utang bisa ditinggalkan," paparnya.

Ketika seseorang memiliki pengeluaran tak terduga, maka ia juga harus memiliki dana simpanan sebesar tiga kali dari pengeluaran.

"Harus ada anggaran untuk pengeluaran tidak terduga tadi. Itu namanya dana cadangan, itu kan minimal tiga kali pengeluaran bulanan," imbuh Eko.


Misalnya, seseorang punya pengeluaran Rp 1 juta dalam satu bulan. Maka, ia harus punya dana simpanan dalam rekeningnya Rp 3 juta. Dana tersebut harus selalu ditambal ketika digunakan untuk kebutuhan tak terduga.

"Harus ada di rekening tabungan. Misalnya pengeluaran saya satu bulan Rp 1 juta, maka dana cadangan yang harus saya siapkan itu tiga kalinya ya Rp 3 juta. Tapi harus diisi terus. Jadi kalau bulan ini terpakai Rp 500 ribu, ya bulan depan harus diisi lagi Rp 500 ribu, jadi kita punya Rp 3 juta terus," jelas dia.

Simak Video "Naik Lagi, Utang Pemerintah Mencapai Rp 4.756 T"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com