Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Des 2019 06:28 WIB

Mempersiapkan Christmas Fund

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Mempersiapkan Christmas Fund. Foto: Rifkianto Nugroho Mempersiapkan Christmas Fund. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Salah satu hal yang paling ditunggu di akhir tahun ini adalah liburan akhir tahun yang juga bertepatan atau berdekatan dengan perayaan Natal serta Tahun Baru. Apabila di tahun-tahun sebelumnya tidak digembor-gemborkan bahwa Natal identik dengan mudik, meskipun sudah banyak keluarga yang melakukannya, tapi tahun ini berbeda.

Pemerintah secara spesifik mengatakan arus mudik Natal dan persiapannya, kurang lebih persis seperti persiapan mudik lebaran di hari raya Idul Fitri.

Kalau sudah bicara tentang mudik dan perayaan, terutama perayaan agama dan kebiasaan, yang terbayang adalah biaya besar yang akan kita habiskan dan harus dipersiapkan. Mengapa demikian?

Karena mirip seperti Lebaran, Natal adalah kegiatan yang akan dilakukan dan diperingati berulang-ulang setiap tahunnya. Oleh sebab itu tidak ada alasan bila anda tidak memiliki dana untuk bisa merayakannya, bagi yang merayakannya.

Itu sebabnya anda pun harus mempersiapkan 'Dana Natal'. Anda mungkin bertanya-tanya, apa itu dana natal?

Dana Natal adalah sebuah rekening yang dipersiapkan khusus untuk memenuhi kebutuhan anda di saat merayakan Natal. Mengapa penting untuk membuat rekening terpisah?


Agar dananya tidak tercampur dengan rekening dan dana lain yang mengakibatkan dana tersebut bisa terpakai untuk hal-hal lain. Okelah anda mungkin merasa tulisan ini sudah terlalu dekat Natal tahun ini, akan tetapi bisa saja materinya anda pergunakan untuk Natal tahun depan kan?

Lagipula persiapan Natal tahun depan kan dilakukan persis setelah anda selesaikan merayakannya tahun ini. Mengapa? Karena anda hanya punya waktu 11 ½ bulan untuk mempersiapkannya.

Ketika mempersiapkan Bujet Pengeluaran Natal (ini akan kita bahas di tulisan berikutnya) yang bisa anda lakukan adalah melihat berapa besar pengeluaran Natal anda tahun lalu. Pengeluaran apa saja yang anda lakukan.

Apakah ada di antara pengeluaran tersebut yang menurut anda kelewat mahal atau berlebihan? Apakah menurut anda pengeluaran tahun ini harus dinaikan atau bahkan bisa lebih rendah?

Kalau bisa lebih rendah, mana pos yang akan anda kurangi untuk tahun ini? Yang paling terpenting adalah buatlah Perayaan Natal sebagai tujuan keuangan anda (financial goal), sehingga anda akan termotivasi untuk menabung ataupun investasi untuk mencapai tujuan anda ini.

Bagaimana membuat perencanaan Dana Natal ini? Lanjut ke halaman berikutnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Mengelola Keuangan Ala Astrid Tiar"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com