Katanya Milenial Itu Boros Banget, Masa Sih? (2)

Aidil Akbar Madjid – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Selasa, 04 Feb 2020 07:28 WIB
Ilustrasi Milenial Kelola Uang
Katanya Milenial Itu Boros Banget, Masa Sih? (2). Foto: shutterstock
Jakarta -

Sudah kebayang kan kemana saja milenial membelanjakan uang mereka dan mengapa kemudian mereka dianggap atau dicap boros?

Weits nanti dulu, itu baru 3 lho yang kita bahas. Ternyata masih ada banyak lagi pos-pos yang banyak dilakukan oleh generasi milenial yang kemudian menjadikan pos pemborosan. Apa sajakah itu?

Perawatan diri
Yes, perawatan diri untuk wanita menjadi wajib. Kalau generasi terdahulu biasanya hanya mementingkan make up saja, tapi generasi milenial lebih dari itu. Saya sendiri baru mengetahui bahwa untuk merawat kecantikan seorang wanita ternyata ada 3 hal yang diperlukan.

Pertama adalah peralatan kecantikan alias make up itu sendiri. Nah untuk make up ini banyak sekali peralatan yang harus dibeli mulai dari bedak, foundation, eye shadow, eye liner, lipstick dan lain-lain yang saya sendiri juga kurang paham.

Daaaan, ini tidak hanya dimiliki 1 set dengan 1 warna, rata-rata wanita memiliki beberapa set dan beberapa warna.

Berikutnya yang harus dimiliki oleh para wanita ini adalah peralatan untuk perawatan kulit, baik kulit badan maupun yang terutama kulit wajah. Kalau make up dipakai berganti-ganti sehingga sering kali lama habisnya, sementara untuk perawatan kulit dipakai setiap hari bahkan dua kali sehari yaitu pagi dan malam.

Akibatnya biaya untuk ini menjadi besar dan bengkak. Sekarang pun banyak penawaran perawatan kulit mulai dari yang mahal merek-merek besar sampai yang dikeluarkan secara private oleh dokter kulit.

Bahkan ada beberapa juga yang ditawarkan dengan harga miring dari teman ke teman atau bisa melalui skema MLM. Nah untuk biaya ini relatif besar karena barang yang dipakai setiap hari dan cepat habis sehingga harus selalu membeli dan berkesinambungan.

Kebutuhan ketiga adalah perawatan kebugaran seperti ke salon, ceram bath, pijat, refleksi, dan lain sebagainya. Untuk yang ini dilakukan secara berkala mungkin seminggu sekali atau dua kali per bulan. Tapi biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit, apalagi bila menggunakan salon-salon ternama.

Gym, fitness dan hobi lainnya
Kalau milenial wanita menghabiskan banyak uang untuk kulit, kecantikan dan perawatan, sementara yang prianya menghabiskan uang untuk hobi. Hobi pun bisa berbagai macam, mulai dari sepeda yang tidak murah, motor, mobil, gadget (ini tidak mengenal gender) dan lain sebagainya.

Hobi lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah fitness dan langganan keanggotaan gym (untuk hal ini juga tidak mengenal gender). Statistik mengatakan bahwa hanya sekitar 30% dari anggota gym yang menggunakan keanggotaannya secara rutin setiap minggu.

Jadi bila anda merasa tidak bisa komitmen untuk olah raga di gym atau fitness, berarti anda hanya buang-buang uang saja. Lebih baik cari hobi lainnya yang tidak mengeluarkan uang terlalu banyak.

Lalu apa lagi? Cek di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]