Apa yang Bikin Kamu Boros dan Impulsif? (2)

Aidil Akbar Madjid - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Selasa, 21 Apr 2020 07:25 WIB
Illustrasi Uang Rupiah dan Dollar
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Banyak orang ingin bisa menabung dan berinvestasi, tapi apa daya uangnya setiap bulan habis. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang terlibat utang.

Apa daya, yang sering terjadi justru keinginan tinggi tapi kenyataan tidak terpenuhi alias gagal untuk bisa menabung dan berinvestasi.

Yang menjadi pertanyaannya adalah apa sih sebabnya yang membuat kamu menjadi boros dan impulsive tersebut? Padahal banyak dari masyarakat yang sudah mulai merencanakan keuangan atau punya tujuan keuangan dan mimpi masa depan mereka, tapi tetap saja belum bisa disiplin untuk menabung dan berinvestasi.

Yuk kita bahas lanjutannya.

Punya Masalah Dengan Uang
Apapun masalah yang pernah dihadapi dalam hidup anda, pasti masalah tersebut pernah melibatkan uang atau sejumlah uang. Apakah anda pernah punya masalah tidak punya uang, atau punya uang tapi tertipu orang, atau susah untuk pinjam uang, atau anda merasa kalau punya uang pasti mau dipinjam sama orang sehingga ada rasa ketakutan ketika punya uang.

Apapun itu permasalahan dengan uang yang pernah anda alami sebelumnya menyebabkan anda secara tidak sadar berfikir bahwa setiap saya punya uang harus saya belanjakan.

Mencari Kebahagiaan
Naaaah, ini alasan klasik sih yang sering dipakai orang Ketika mereka membelanjakan uangnya, saya mencari kebahagiaan dengan uang dan berbelanja. Biasanya orang yang merasa dirinya serba kurang atau mengeluh dengan keadaan akan berusaha mencari kebahagiaan.

Nah, salah satu cara untuk mencari kebahagiaan adalah dengan berbelanja. Ketika anda stress dengan pekerjaan di kantor, atau ribut dan stress dengan pasangan, atau dengan siapapun, anda mungkin secara tidak sadar ingin membahagiakan diri anda sendiri karena anda menganggap orang lain tidak bisa membahagiakan anda.

Cara anda membahagiakan diri anda sendiri adalah dengan berbelanja dan menghabiskan uang anda.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Merdeka Finansial dengan Gaya Hidup Minimalis"
[Gambas:Video 20detik]