4 Jenis Emas yang Biasa Dijadikan Investasi (2)

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Jumat, 12 Jun 2020 07:00 WIB
PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM), memperkenalkan desain dan kemasan baru emas batangan ANTAM-LM. Peluncuran desain baru logam mulia ini bertepatan dengan hari ulang tahun perseroan yang ke-50.
Foto: dok. Antam
Jakarta -

Ada yang bilang kalau emas itu bisa menahan nilai uang kita tidak sampai jatuh, Bahasa Inggris kerennya Hedging, tapi ada juga yang percaya bahwa emas itu bisa dipakai untuk investasi.

Nah, Di artikel sebelumnya dibahas emas yang ternyata bisa dipakai sebagai investasi lho, yaitu emas perhiasan. Sekarang apa lagi nih? Yuk kita bahas kelanjutannya.

2. Emas Batang

Nah berbeda dengan emas perhiasan yang kepemilikannya biasanya di dominasi oleh ibu- ibu,untuk emas batang tidak jarang jika kau madam juga memilikinya untuk dijadikan sebagai investasi atau menjaga nilai lindung nilai kekayaan mereka/uang mereka atau biasa yang disebut juga dengan istilah Hedging.

So,selain dimiliki untuk dikoleksi,seperti penjelasan di atas emas batang kerap kali dijadikan alat pelindung nilai kekayaan seseorang dari inflasi,karena sifatnya yang kuat terhadap inflasi,seperti contoh sebagai berikut,apabila 5gr emas batang milik seseorang dapat membeli 1 buah ponsel pintar dengan teknologi android di tahun 2020,maka dalam jangka waktu 10 tahun lagi emas batang yang bernilai 5gr tersebut tetap dapat membeli 1 buah ponsel pintar dengan teknologi android tersebut, menarik bukan?.

Karena apa yang terjadi ketika kita menyimpan uang senilai emas batang dengan berat 5gr di tahun 2020 maka dalam waktu 10 tahun kemudian jika uang yang selama 10 tahun tersebut kita simpan,entah dalam rekening bank ,brankas atau pun di bawah bantal,kita, tidak akan mampu membeli 1 buah ponsel pintar dengan teknologi android lagi.mengapa bisa demikian?

Karena inflasi setiap tahunnya menggerogoti nilai uang yang kita miliki hingga tidak ada nilainya lagi,atau menyusut sedemikian kecilnya,untuk itu biasanya beberapa orang memerlukan emas batang sebagai penjaga nilai uang mereka.

3. Emas Tabungan

Bisa juga disebut dengan emas digital,jika ditanya apa fungsi awal dari memiliki emas tabungan dibanding dua emas lainnya? adalah sistem mencicil tanpa bunga, bagaimana
maksudnya?,jika di emas perhiasan dan batang yang bisa kita dibeli di beberapa tempat dengan sistem cicilan, maka emas tabungan adalah emas dalam hitungan gram yang dikonversikan dengan nilai tabungan kita dalam bentuk rupiah.

Semisal begini jika di sistem cicilan pembelian emas perhiasan atau batang, kita dikenakan bunga saat mencicil emas tersebut,maka di emas tabungan kita memiliki kebebasan memilih untuk meletakkan berapa pun jumlah uang yang kita miliki ke dalam tabungan, andai kata kita hanya memiliki uang sebesar Rp.10.000,- kita sudah bisa memasukan dalam bentuk tabungan dan jika tabungan kita dikonversikan dengan gram,mungkin akan mendapat 0, sekian nilai emas yang kita miliki.

Pertanyaannya memang bisa seperti itu?,tentu bisa dibeberapa marketplace atau aplikasi di ponsel pintar kita sudah bisa membuka rekening untuk emas tabungan,dan mulai menabung dengan nominal Rp.10.000,- semua nampak lebih mudah bukan?

Maka setelah ini akan ada pertanyaan berikutnya,bisakah jika tabungan kita sudah senilai emas yaa katakanlah 5gr, ditukar dalam bentuk emas fisik, jawabannya bisa.namun ada sebagian orang tidak melakukan hal tersebut dengan alasan,untuk menjaga keamanan emas yang mereka miliki,akan lebih riskan jika ditaruh dirumah dari aksi kemalingan,atau diletakkan di save deposit box memakan biaya admin.maka kalau sudah seperti ini keputusan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan,tujuan orang tersebut.

Ingat ya emas tabungan ini tetap masuk ke dalam daftar kekayaan atau asset kita. Buat daftarnya secara mudah dan bisa diubah-ubah dengan aplikasi Moneesa, bisa mengunduh
disini. Dan jangan lupa juga hitung resiko dan kebutuhan asuransi. Kalau mau mudah tanpa harus ketemu agen bisa menggunakan aplikasi Bregaswaras. Coba deh unduh disini.

Di aplikasi ini juga sambil olah raga dirumah lho, ada panduan gerakannya gratis. Oh ya yang mau belajar secara online juga bisa lho, ikutan aja workshop online dengan harga terjangkau, info bisa dibuka disini dan disini.

OK, 3 sudah terjawab, lalu apa nih emas investasi yang ke 4? Tunggu pembahasannya di tulisan berikutnya ya.



Simak Video "Penyebab Harga Emas Naik Saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)