Sudah Sehatkah Keuangan Kita? Cek Ciri-cirinya di Sini!

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Rabu, 22 Jul 2020 07:15 WIB
Atur keuangan
Ilustrasi/Foto: Shutterstock

2. Tidak Memiliki Utang, Atau Utang Harus Produktif dan Masih Sesuai Rasio

Apa benar tidak memiliki utang merupakan ciri-ciri sehat secara keuangan? Tentu ini berlaku untuk keuangan pribadi, mungkin agak sedikit berbeda perlakuannya ketika ini diterapkan di dalam bisnis.

Tapi jika kita membahas keuangan pribadi tidak memiliki utang artinya kita sudah cukup sehat secara keuangan,checklist langkah kedua sudah kita selesaikan tinggal ke langkah ketiga.

Namun berbeda ceritanya bagi mereka yang memiliki utang, apalagi jika utang tersebut adalah utang konsumtif. Utang yang ada karena kurang kuatnya diri kita untuk bertahan dari godaan-godaan membeli barang-barang bermerek atau untuk sekedar hang out cantik di tempat yang fancy. Kalau sudah seperti ini gawat deh.

Boleh kita memiliki utang namun perlu diperhatikan utang tersebut produktif, menghasilkan sesuatu yang membuat pendapatan atau pun rasionya tidak lebih besar dari 35% dari penghasilan kita.

Gampangnya begini, Jika penghasilan/gaji bulanan kita Rp 5.000.000, artinya kita tidak boleh berutang lebih dari 35%, yaitu Rp 1.750.000. Jika lebih dari angka
tersebut maka sudah dapat dipastikan keuangan kita tidak sehat.

Pembahasan kali ini adalah pembahasan secara teori dan cara menghitungnya. Bila ingin mencoba menghitungnya secara otomatis anda bisa mencoba dengan menggunakan aplikasi Moneesa. Aplikasi Moneesa bisa diunduh di sini.

Selain itu anda juga bisa mengetahui kebutuhan asuransi anda bisa mencoba cek di sini secara gratis.

Nah, kalau di artikel ini baru dibahas 2 ciri-cirinya, masih ada 3 ciri-ciri lain yang akan dibahas. Nantikan pembahasannya di artikel berikutnya.

Halaman


Simak Video "Tips Coach Tom Mengatasi Kelemahan Seorang Introvert Dalam Bisnis"
[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)