Gaji 13 2020 Cair Agustus, ke Mana Mau Dihabiskan?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 27 Jul 2020 08:15 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pemerintah memastikan PNS bakal dapat gaji ke-13 bulan Agustus nanti. 'Rezeki nomplok' buat PNS ini diharapkan menjadi stimulus dalam menghadapi masa pandemi. Lalu bagaimana mengatur gaji ke-13?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho mengatakan gaji ke-13 PNS bisa dialokasikan ke empat hal. Mulai dari dana pendidikan, cicilan, tabungan, hingga dana senang-senang. Masing-masing dialokasikan sebanyak 25%.

"Jadi 4 hal, buat sekolah anak, cicilan, tabungan, dan dana senang-senang. Pembagiannya 25% masing-masing," papar Andy kepada detikcom, Minggu (26/7/2020).

Paling penting Andy mengingatkan agar para PNS tetap menyisihkan gaji 13-nya untuk dana darurat. Andy mengatakan minimal 25% gaji ke 13 harus dialokasikan menjadi tabungan.

Bisa menjadi investasi atau dana darurat. Namun, menurutnya di tengah pandemi ini dana darurat lebih baik jadi prioritas untuk menyisihkan gaji 13.

"Bisa dialokasikan untuk ditabung sebagai investasi, paling penting sih buat tambahan dana darurat. Karena kondisi begini belum jelas pandeminya maka harus disiapkan dana darurat itu ditambahin terus," kata Andy.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini 12 Kategori PNS yang Nggak Dapat THR"
[Gambas:Video 20detik]