Apa Itu Diet Keuangan dan Bagaimana Caranya? (Part 1)

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Kamis, 27 Agu 2020 06:45 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho

Nah diet keuangan kita akan berhasil jika kita fokus ke hal-hal di dalam kendali kita seperti pikiran kita, tindakan kita, keputusan-keputusan kita. Contohnya seperti ketika kita ditawarkan barang atau jasa oleh marketing, bila kita bilang tidak maka kita tidak akan membelinya entah seberapa menariknya itu. Karena keputusan dan pilihan kita seharusnya di bawah kendali kita, tapi justru banyak orang yang khilaf karena sale besar-besaran, diskon yang jelas tidak mereka butuhkan.

Berhentilah memiliki kebiasaan seperti itu karena semua uang yang masuk dan keluar di dalam rekening kita semestinya bisa kita kontrol dan ada dalam kendali kita. Harusnya kita bisa dengan bebas menentukan kapan dia boleh mengalir keluar dan berhenti.

Ketika kita bisa mengubah kebiasaan buruk kita mengontrol sesuatu di luar kontrol kita dan memfokuskan sesuatu yang ada di dalam kendali kita maka kita sudah setengah jalan menuju keuangan yang sehat.

Hal paling maksimal yang bisa kita lakukan adalah dengan mencatat uang keluar masuk dari rekening kita untuk mendapatkan pola. Bila pola nanti sudah terlihat maka kita melakukan perubahan untuk hal-hal yang masih bisa berada dalam kontrol kita, seperti misalnya biaya nongkrong dan ngopi-ngopi cantik, biaya membership dan lain-lain.

Untuk mencatat kita bisa menggunakan aplikasi secara gratis dengan aplikasi Moneesa, bisa diunduh di http://bit.ly/moneesa-playstore. Selain mencatat, ada juga aplikasi menghitung kebutuhan asuransi gratis bisa diunduh di http://bit.ly/bregaswaras-playstore.

Sementara bagi yang berminat belajar merencanakan keuangan secara langsung bisa mengikuti kelas Basic Financial Planning, infonya bisa dilihat di http://bit.ly/FPTOP10.

Apa diet keuangan berikutnya yang bisa kamu lakukan? Tunggu pembahasannya di artikel berikutnya.

Halaman


Simak Video "Buat Milenial Jangan Kapok Rugi Investasi Saham "
[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)