Apa Itu Diet Keuangan dan Bagaimana Caranya? (Part 2)

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 31 Agu 2020 06:40 WIB
Ilustrasi menabung, investasi, hemat,
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Diet ternyata tak hanya soal perut dan kesehatan, tapi bisa juga soal keuangan. Apa saja diet keuangan yang bisa kamu lakukan? Yuk kita lanjutkan pembahasan dari minggu lalu.

2. Melakukan Pencatatan & Menentukan Anggaran yang Seharusnya

Langkah kedua ini adalah langkah yang ampuh bagi mereka yang masih kesulitan mengubah kebiasaan buruk mereka dalam mengontrol arus pengeluaran mereka. Yaitu dengan membuat anggaran, hal ini pun juga berlaku bagi mereka yang sudah bisa mengendalikan pengeluaran mereka.

Jadi apa fungsinya menentukan anggaran? Iya itu fungsinya adalah pengingat bagi mereka yang selalu boros, tidak bisa menghentikan laju pengeluaran mereka sendiri. Cara termudahnya adalah dengan menentukan batas anggaran.

Sebelum membuat anggaran sebaiknya kita mencatat seluruh pengeluaran kita entah sekecil apapun itu pengeluaran kita, gunanya adalah mengontrol dalam sehari, seminggu, sebulan bahkan setahun seberapa besar pengeluaran kita.

Melakukan pencatatan keuangan itu sendiri sebenarnya sangat mudah dilakukan. Hanya ketika rasa malas menghantui karena terkesan melakukan pekerjaan remeh justru dampaknya cukup besar bagi keuangan kita.

Sesuatu yang tidak bisa kita ukur pasti tidak bisa kita perbaiki, cara mengukur kesehatan keuangan kita adalah dengan mengetahui seberapa besar pengeluaran kita, so mulai mencatat. Lagipula apa sulitnya demi keuangan sehat kita sendiri dan saat ini sudah banyak aplikasi pencatatan keuangan yang tersedia bisa kita unduh di ponsel pintar kita.

Setelah kita berhasil melakukan pencatatan keuangan entah itu dimulai dari sehari, atau seminggu maka kita bisa tahu seberapa besar pengeluaran harian dan mingguan kita. Setelah kita tahu besarnya maka sekarang waktunya kita menentukan anggaran, berapa sih besarnya pengeluaran yang ingin kita pangkas. Tujuannya adalah memenuhi checklist keuangan yang belum kita penuhi seperti yang dijelaskan sebelumnya pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan, membentuk dana darurat, mempunyai proteksi, memiliki investasi dan tujuan keuangan.

Setelah memenuhi langkah-langkah tersebut, Maka selanjutnya adalah menuju langkah diet keuangan yang ketiga di mana seharusnya semua orang melakukan hal ini juga.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dukungan Unilever untuk Indonesia Sehat dan Sejahtera"
[Gambas:Video 20detik]