Hati-Hati Dengan Jenis Investasi Seperti Ini! (1)

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Sabtu, 12 Sep 2020 08:30 WIB
Investasi properti
Foto: shutterstock
Jakarta -

Sebulan lebih (sejak akhir Juli 2020) dunia perencana keuangan, dunia investasi dan dunia bisnis di Indonesia sedang dirundung masalah karena kasus pengelolaan dana milik klien yang merugi dan yang seharusnya tidak boleh dikelola oleh seseorang atau suatu perusahaan yang bergerak di bidang perencanaan keuangan. Mengingat masalah ini pun juga pernah terjadi beberapa tahun silam.

Supaya hal-hal seperti ini tidak terulang kembali sudah semestinya kita mawas diri, dengan aktif meningkatkan pengetahuan kita walaupun hal tersebut tidak menjadi jaminan kita akan mengetahui semuanya tapi minimal kita bisa mengenali ciri-ciri buruk pada jenis-jenis investasi bodong yang jelas memiliki niat untuk menipu kita.

Jadi ciri-ciri apa saja yang biasanya ditawarkan oleh para pelaku investasi bodong atau investasi yang mau mengelabui kita?, mari kita bedah satu-per satu apa saja kemungkinannya.

1.Investasi Yang Jenis Bisnisnya Belum Pernah Kita Tahu Sebelumnya

Ini adalah jenis investasi yang harus kita pelajari dulu sebelum meletakkan uang yang kita miliki kedalamnya, Akan terasa fatal dampaknya bagi kita yang belum mengetahui ke dalam jenis bisnis apa atau investasi apa uang kita masukan.

Karena sudah seharusnya kita mengetahui bagaimana cara perusahaan atau perusahaan itu memutar uang kita, bagaimana mereka menghasilkan uang lagi dari barang atau jasa yang mereka jual hingga bagaimana cara mereka memutarkan uang mereka untuk memberikan return pada kita atas uang yang telah kita investasikan.

Banyak orang yang tidak mengetahui jenis investasinya bergerak di jenis usaha apa tapi justru lancer menaruh uang mereka disana. Nah orang-orang seperti ini yang biasanya paling mudah dirugikan dan sudah sering kita temui, Dan sedihnya ketika mereka mengalami kerugian entah karena tempat mereka meletakkan uang mereka untuk investasi atau karena kurangnya pengetahuan mereka akan produk investasi tersebut.

Mereka malah cenderung kapok, menyalahkan dan menyamaratakan bahwa semua investasi itu saja sama rugi dan menipu. Jadi mohon ketahui dulu pada apa kita berinvestasi,jenis usaha atau jasanya dan bagaimana cara mereka memutar uang untuk menghasilkan keuntungan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Airlangga: 143 Perusahaan Asing Mau Investasi ke RI"
[Gambas:Video 20detik]