Jakarta Bakal PSBB Lagi, Mending Beli Kuota atau WiFi Buat WFH?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 11 Sep 2020 17:08 WIB
Virus corona: Bagaimana Covid-19 memaksa terjadinya eksperimen kerja dari rumah secara nasional
Ilustrasi/Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan perkantoran di wilayah ibu kota menerapkan work from home (WFH) mulai Senin, 14 September. Hal itu diterapkan jika Pemprov DKI Jakarta sudah menerapkan PSBB seperti awal Corona per Senin depan.

Tentunya para pekerja harus merogoh kocek untuk memenuhi kebutuhan internet demi menunjang pekerjaan dari rumah. Nah sebaiknya biar hemat, beli kuota internet atau berlangganan WiFi?

"Kalau misalnya di keluarga tersebut lebih dari satu orang atau lebih dari dua orang, saran saya sih mending pasang WiFi sekalian," kata perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho saat dihubungi detikcom, Jumat (11/9/2020).

Menurutnya menggunakan WiFi jauh lebih hemat ketimbang berlangganan kuota bila lebih dari satu orang yang membutuhkan internet di satu rumah.

Apalagi jika di dalam sebuah rumah ada anak yang juga belajar secara virtual. Itu bakal memakan kuota internet lebih banyak lagi.

Tak hanya itu, di kala sedang jenuh pun orang-orang di rumah akan mengakses internet, entah untuk bersosial media maupun bermain game.

"Akan lebih murah dibanding misalnya beli ketengan yang kuota itu, dan apalagi kadang kan misalnya anak-anak misalnya lagi jenuh, ya nggak cuma anak-anak sih, orang tua kadang lagi jenuh kemudian buka-buka sosial media atau main game," paparnya.

"Nah daripada kuotanya terbuang habis percuma mendingan mereka pasang WiFi sekalian kalau misalnya di rumah itu lebih dari satu atau dua orang yang menggunakan internet, karena menurut saya lebih murah," tambah Andy.



Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)