4 Anggapan yang Keliru Tentang Perencanaan Keuangan (2)

Bareyn Mochaddin-Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Rabu, 16 Sep 2020 06:45 WIB
Dompet
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Dua anggapan yang salah tentang Perencana Keuangan sudah kita bahas di artikel sebelumnya. Nah, artikel kali ini akan melengkapi anggapan-anggapan keliru tentang perencanaan keuangan itu. Apa sajakah?

3. Membuat Anda 'Auto' Kaya

Jika Anda datang ke sebuah pusat kebugaran, menerapkan latihan yang diberikan trainer dan memulai berolahraga pada waktu tersebut, apakah secara otomatis di hari yang sama badan Anda menjadi seperti Ade Rai atau Cristiano Ronaldo? Tentu tidak.

Sama seperti perencanaan keuangan. Anda tidak akan langsung 'auto' kaya, tapi perencanaan keuangan adalah ilmu yang bisa anda gunakan untuk mencapai definisi kekayaan yang Anda inginkan.

Ilmu perencanaan keuangan bukanlah ilmu sulap yang bisa membuat Anda tiba-tiba kaya raya seperti apa yang Anda inginkan. Namun, dengan menerapkan ilmu perencanaan keuangan, Anda akan memiliki cara untuk mencapai mimpi Anda tersebut.

Selain itu, ada satu hal yang penting yang bisa diberikan oleh ilmu perencanaan keuangan. Bukan hanya tentang menggapai mimpi-mimpi Anda. Tetapi dengan ilmu ini, Anda jadi bisa tahu kondisi keuangan Anda saat ini. Sehat atau tidak secara keuangan?

Ibarat kata kesehatan dan badan. Nggak mau dong, punya badan yang terlihat bagus seperti Ade Rai atau Cristiano Ronaldo, tapi di sisi lain Anda sakit-sakitan?

4. Perencanaan Keuangan Sama dengan Pengelolaan Cash Flow

Betul bahwa perencanaan keuangan adalah mengatur bagaimana kita mengelola uang yang kita miliki saat ini untuk belanja, investasi, dan lainnya. Namun kurang tepat bila Anda menyimpulkan bahwa perencanaan keuangan hanyalah tentang pengelolaan cash flow saja.

Sebuah langkah yang baik jika saat ini Anda sudah melakukan perencanaan cash flow bulanan dan membuat anggaran tentang apa saja yang ingin Anda beli di bulan tersebut dengan uang yang Anda miliki. Namun, itu belum mencakup keseluruhan ilmu perencanaan keuangan.

Pengelolaan cash flow dan membuat anggaran bulanan hanyalah satu dari banyak poin penting dalam ilmu perencanaan keuangan.

Selain mengelola cash flow, Anda juga perlu tahu apakah utang yang Anda miliki terlalu banyak dibanding dengan penghasilan yang Anda terima? Apakah Anda sudah memiliki dana darurat dan Asuransi yang cukup untuk melindungi Anda dari risiko?

Satu hal penting yang jangan sampai Anda lewatkan adalah, dimana Anda berinvestasi? Apakah investasi Anda bisa mengantarkan Anda mencapai mimpi-mimpi Anda di masa depan, ataukah investasi yang Anda lakukan hanya sekadar 'ikut-ikutan'?

Aplikasi Moneesa, bisa diunduh di sini selain mencatat, ada juga aplikasi menghitung kebutuhan asuransi gratis bisa diunduh di sini.

Sementara bagi yang berminat belajar merencanakan keuangan secara Islami atau Syariah Financial Planning bisa lhooo ikutan kelas Syariahnya. Info ada di sini.

Selain itu bila ingin belajar tentang asuransi (banyak yang salah beli lho) info bisa dilihat di sini.

Masih banyak anggapan-anggapan lainnya yang merupakan anggapan yang kurang tepat tentang perencanaan keuangan. Sebagai orang yang cerdas, sebaiknya Anda mulai mencari tahu dan semakin mendalami ilmu perencanaan keuangan ini agar tak terjebak nantinya.

Jangan sampai, anda terjebak anggapan dan malah membuat keuangan Anda berantakan karena Anda tidak mengenal dan tidak menerapkan ilmu perencanaan keuangan baik untuk saat ini maupun untuk mencapai mimpi-mimpi Anda di masa depan.



Simak Video "Peluang Usaha Bagi Pemula di Saat Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)