5 Cara Ampuh Kelola Duit (Bagian 1)

Steven Ransingin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Kamis, 22 Okt 2020 05:30 WIB
wallet with rupiah money inside in front of computer laptop monitor screen, online transaction concept
Foto: iStock

3.Membagi Pos Pengeluaran: Pergi Ke ATM Seminggu Sekali.
Seperti yang dijelaskan diawal tahu semua pengeluaran kita dan telah mencatat bukan menjadi cara keluar dari kesulitan dalam mengelola keuangan, kita hanya baru tahu dimana letak sakitnya kita. Lalu apa yang harus kita lakukan?.

Setelah kita mencatat seluruh pengeluaran kita, maka mulailah menentukan mana pengeluaran yang harus dipangkas dan mana pengeluaran yang harus dihilangkan, setelah mengetahui tentukan pengeluaran pasti harian kita berapa, seminggu berapa, kita bisa meletakkan uang yang telah kita bagi-bagi tersebut ke dalam amplop.

Namun di tengah kemajuan teknologi kita pun juga boleh meletakkan uang-uang tersebut ke dalam rekening bank milik kita, gunanya pun demi keamanan baik dari pencuri maupun diri kita sendiri, untuk itu pergilah ke ATM seminggu sekali, isilah dompet kita dengan pengeluaran yang memang kita butuhkan dalam seminggu saja, gunanya menghindari pengeluaran yang bersifat bocor halus,baik yang sifatnya harian, maupun mingguan yang
lebih banyak dari harian biasanya.

Kemajuan teknologi juga membuat cara kita mengatur dan mencatat keuangan lebih mudah lagi. Bagaimana caranya? Dengan menggunakan aplikasi seperti Moneesa. Aplikasi Moneesa bisa diunduh di sini. Selain mencatat keuangan harian anda juga bisa melakukan perhitungan kebutuhan asuransi gratis bisa diunduh di sini

Sementara untuk investasi seperti reksadana anda bisa belajar langsung di kelas/workshop di sini.

Nah apa lagi kesulitan-kesulitan dalam pengelolaan keuangan? Masih ada 2 lagi yang akan kita bahas di artikel berikutnya ya.

Halaman


Simak Video "Tips Menabung Rp 10 Juta dalam 6 Bulan, Cobain Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)