5 Tips Investasi Biar Tahan Banting Hadapi Resesi

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 05 Nov 2020 20:30 WIB
Jurang Resesi
Ilustrasi/Foto: Andhika Akbaryansyah
Jakarta -

Indonesia resmi masuk ke dalam jurang resesi. Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan perekonomian Indonesia kembali minus di kuartal III-2020, yakni -3,49%, setelah sebelumnya -5,32% di kuartal II-2020.

Dampak dari resesi sendiri beragam, mulai dari dampak ke dunia usaha yakni menurunkan pendapatan sebuah perusahaan, juga bisa mengancam pendapatan perorangan atau masyarakat.

Oleh sebab itu, investasi bisa menjadi solusi agar kekuatan ekonomi perorangan bisa tahan banting menghadapi dampak resesi. Berikut 5 tips untuk berinvestasi di tengah pandemi.

1. Sesuaikan Kondisi

Sebelum berinvestasi, detikers harus mengukur kemampuan keuangan harus jadi pertimbangan utama. Apabila memang dalam sedang sulit jangan paksakan untuk berinvestasi, ada baiknya kalau ada uang lebih ditabung saja.

"Cuma semua kembali ke kemampuan masing-masing ya, kalau memang ada isu keuangan kayak habis kena PHK atau bisnis shutdown, ditabung dulu aja. Agar mudah digunakan kalau ada keadaan darurat," kata Perencana keuangan Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3