ADVERTISEMENT

Jangan Lagi Jadi Generasi Sandwich, Ini Tipsnya!

Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Sabtu, 14 Nov 2020 10:43 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho

Menata keuangan dengan baik dan budgeting

Menata keuangan dengan baik dimulai dengan cash flow dan budgeting yang baik. Kita harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar tidak bocor dan minus setiap bulannya.

Hal ini bisa dilakukan dengan memperketat pengelolaan keuangan dan mengetahui berapa besar biaya pengeluaran harian, mingguan dan bulanan serta kebutuhan harian sesuai post-nya masing-masing.

Di sini kita harus mengutamakan pengeluaran premier serta memperhatikan pengeluaran yang sifatnya tersier seperti melakukan rekreasi hingga konsumsi barang-barang yang relative mahal yang harus dilakukan dengan pertimbangan yang lebih matang, agar keuangan tidak bocor.


Untuk bisa mengelola keuangan harian, mingguan dan bulanan dengan baik serta membuat bujet, anda akan membutuhkan tools atau alat bantu yang bisa merupakan sebuah aplikasi.

Salah alat bantu yang direkomendasikan adalah melalui situs www.moneesa.com atau bisa juga melalui aplikasinya yaitu Moneesa yang bisa diunduh di sini. Selain kesehatan keuangan, ada juga aplikasi menghitung kebutuhan asuransi gratis bisa diunduh di sini. Dan kalau mau belajar mengelola bujet bulanan anda bisa ikut kelas perencana keuangan seperti ini di sini.

Pada artikel ini baru kita bahas cara pertama agar bisa terlepas dari posisi generasi sandwhich dan masih ada 6 cara lainnya yang akan kita bahas pada artikel berikutnya. Tunggu tanggal mainnya.


(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT