Yuk Pahami Pentingnya Perencanaan Keuangan di Tengah Pandemi

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Selasa, 12 Jan 2021 10:51 WIB
Ilustrasi Keuangan
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 berdampak terhadap multisektor. Tak hanya mengancam dari sisi kesehatan, pandemi ini turut menimbulkan masalah mental, sosial dan finansial masyarakat.

Pasalnya, dengan ekonomi yang melambat turut mengakibatkan pemasukan individu berkurang, bahkan tak jarang ada yang harus terputus. Berdasarkan data Kantar COVID-19 Pulse Juni 2020, sebanyak 47% masyarakat Indonesia mengurangi pengeluaran untuk berhemat, serta 52% mengaku khawatir akan kehilangan pekerjaan.

Oleh karenanya, di tengah situasi seperti saat ini, selain menjaga kesehatan fisik, melakukan perencanaan finansial tak kalah penting agar kesehatan keuangan tetap terjaga. Perencanaan finansial ini meliputi berbagai hal, mulai dari dana darurat, manajemen utang, hingga manajemen risiko seperti asuransi, dan lainnya.

Sayangnya, masyarakat Indonesia belum lazim dengan manajemen risiko dan perencanaan keuangan, bahkan asuransi dan investasi belum dijadikan prioritas utama.

Chief Distribution Officer PT Zurich Topas Life, Budi Darmawan mengatakan banyak masyarakat Indonesia yang tidak siap menghadapi pandemi Corona saat ini, di mana keuangannya terganggu karena berbagai faktor, misalnya saja penyakit atau pendapatan berkurang.

"Hal ini terjadi karena kesalahan dalam alokasi penghasilan selama ini, di mana sebagian besar masyarakat Indonesia menghabiskan 80% penghasilannya untuk biaya hidup sehari-hari dan hanya 6% untuk asuransi dan investasi. Sementara dalam perencanaan keuangan, investasi dan asuransi disarankan 20% dari penghasilan," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (12/1/2021).

Menyikapi hal tersebut, Zurich berkolaborasi dengan detikcom menggelar acara webinar bagi #GenerasiZiap tentang pentingnya perencanaan finansial dalam menghadapi berbagai tantangan di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Acara ini bertema 'Financial Wisdom & Freedom For #GenerasiZiap' dan akan menghadirkan tokoh hebat sebagai narasumber, di antaranya Ario Pratomo seorang content creator, entrepreneur & Investor dan Sahil Mulachela, seorang radio announcer yang dekat dengan generasi muda.

Ario dan Sahil nantinya akan membahas berbagai topik menarik, mulai dari pengalaman dalam mengatur keuangan di tahun 2020, apa saja perubahan yang bisa dijadikan pelajaran untuk tahun 2021 ini, hingga bagaimana peran #GenerasiZiap dalam keluarga untuk mencapai berbagai harapan finansial.

Zurich terus berkomitmen untuk menyediakan produk perlindungan komprehensif bagi masyarakat di Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan produk Zurich Smart Care. Zurich Smart Care merupakan produk asuransi jiwa unitlink dengan minimum premi dasar sebesar Rp4 juta per tahun, dan dilengkapi dengan fitur kompetitif seperti No Lapse Guarantee, Cuti Premi, dan Pembayaran Premi Otomatis, untuk memberikan keleluasaan bagi nasabah.

Dengan segala keleluasaan tadi, Zurich Smart Care menjadi solusi tepat untuk membantu masyarakat mendapatkan proteksi jiwa dan kesehatan, sekaligus berinvestasi untuk masa depan.

Webinar ini dapat disaksikan secara live di detikFinance dan juga di tagsite Zurich di sini pada 14 Januari 2020 mendatang, mulai pukul 15.00 WIB. Tak hanya informasi soal perencanaan finansial, detikers juga berkesempatan mendapatkan hadiah uang tunai bagi penanya terbaik saat webinar berlangsung.

Jadi, catat tanggalnya! Jangan sampai ketinggalan acara webinar 'Financial Wisdom & Freedom For #GenerasiZiap' hanya di detikcom.



Simak Video "Syarat Biar Kamu Bisa Wujudkan Self Reward"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/hns)