Kenapa Resolusi Keuanganmu Gagal dan Gimana Biar Jadi Nyata? (1)

Bareyn Mochaddin - Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Selasa, 09 Feb 2021 07:10 WIB
Tips Keuangan Buat Milenial
Ilustrasi/Foto: Tips Keuangan Buat Milenial (Mindra Purnomo/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Daftar mimpi yang dinamakan "resolusi keuangan" adalah sebuah hal yang dimiliki hampir setiap orang ketika memasuki tahun baru. Banyak mimpi yang ingin dicapai dan rencana yang ingin dilaksanakan, namun tidak sedikit juga yang gagal merealisasikan (bahkan) semuanya.

Apakah hal yang sama terjadi pada Kamu? Setiap awal tahun, Kamu tak pernah absen membuat daftar resolusi yang ingin Kamu capai di tahun baru, tetapi seiring berjalannya waktu, Kamu belum berhasil membuat resolusi yang Kamu buat menjadi nyata.

Hal ini bisa terjadi karena resolusi, tujuan, mimpi, rencana, atau apapun yang diinginkan masih terlalu "mengawang-awang", belum jelas, dan bahkan terlalu sulit untuk bisa direalisasikan menjadi sebuah kenyataan.

Misalnya, satu contoh resolusi keuangan yang belum jelas adalah, "di tahun 2021, saya ingin uang yang banyak". Nah, uang yang banyak disini masih belum jelas. Kenapa? Karena belum jelas, "uang yang banyak" itu berapa banyak?.

Berbeda jika Kamu memiliki sebuah tujuan yang sebenarnya kurang lebih sama (yaitu memiliki uang lebih banyak) tetapi lebih jelas, seperti, "Di tahun 2021 ini, saya ingin mencapai Rp100 juta pertama saya".

Tujuan ini mungkin terlihat "berat", namun dengan menuliskan secara jelas tujuannya, Kamu jadi tahu apa yang akan Kamu tuju, apa yang harus Kamu lakukan, dan langkah apa yang perlu Kamu ambil untuk merealisasikan tujuannya.

Contoh, jika Kamu ingin mengumpulkan Rp100 juta di tahun 2021, maka Kamu harus bisa menyimpan uang lebih kurang Rp8.350.000,- per bulan selama 12 bulan berurutan. Pertanyaannya, apakah Kamu bisa menyimpan sejumlah uang tersebut setiap bulan?

Bila jawabannya adalah "belum bisa", maka yang harus Kamu cari tahu selanjutnya adalah apa yang menyebabkan Kamu tidak bisa menyimpan uang sejumlah tersebut untuk menggapai mimpi Kamu?

Bisa jadi penyebabnya adalah keuangan bulanan Kamu yang berantakan sehingga Kamu tidak bisa menyimpan uang sejumlah tersebut. Jangankan menyimpan uang, cukup sampai tanggal gajian lagi saja sudah sebuah kebahagiaan.

Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, maka yang harus menjadi fokus utama Kamu adalah memperbaiki kebiasaan keuangan Kamu. Agar, keuangan bulanan Kamu bisa lebih tertata dan Kamu bisa mengumpulkan uang untuk mencapai target yang sudah ditentukan.

Mungkin juga, yang jadi permasalahan dan membuat Kamu belum bisa menyimpan uang untuk mencapai Rp100juta yang Kamu inginkan adalah pemasukan yang "pas-pasan". Jangankan untuk menyisihkan, untuk memenuhi kebutuhan saja sudah berat rasanya.

Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, maka yang harus jadi fokus utama Kamu adalah menambah penghasilan. Bisa jadi bukan dengan bekerja lebih keras saja, tetapi juga Kamu perlu menambah keahlian agar bisa menambah "corong" pemasukan.

Dengan punya keahlian lebih, artinya Kamu bisa mengerjakan lebih banyak atau mengerjakan lebih cepat. Sehingga, Kamu bisa mendapatkan uang lebih yang nantinya bisa Kamu kumpulkan untuk mencapai mimpi yang Kamu inginkan.

Salah satu keahlian adalah dengan belajar perencana keuangan bersertifikasi secara online (self study), mudah, terjangkau dan bisa belajar sesuai waktu kita. Untuk info-info kelas secara online (self study) bisa dilihat di sini.

Sementara untuk melakukan pengelolaan keuangan sendiri secara gratis bisa menggunakan aplikasi yang memberikan layanan ini secara gratis yaitu Moneesa yang bisa diunduh di sini. Sementara untuk melakukan perbandingan produk dan premi serta menghitung kebutuhan asuransi jiwa anda, bisa dilakukan secara gratis dengan menggunakan aplikasi Bregaswaras yang bisa diunduh di sini.

Lalu apa lagi yang menyebabkan kamu gagal? Simak di artikel berikutnya.

(eds/eds)