Biar Nggak Numpang Lewat, Begini Tips Atur THR Lebaran

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 12 Mei 2021 03:30 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi THR Lebaran/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

THR sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan jelang Lebaran. Berapapun besarannya akan cepat habis alias cuma numpang lewat di dompet atau rekening jika kita tidak bisa mengelolanya.

Perencana Keuangan Aidil Akbar Madjid membagikan tipsnya nih supaya THR nggak cuma lewat gitu aja. Begini cara membaginya:

1. Kebutuhan Jelang Lebaran

Beberapa bahan pokok umumnya naik jelang Lebaran. Nah THR itu untuk menghidupi atau menambal kekurangan dari kenaikan biaya hidup sampai Lebaran.

"Penggunaan pertama itu untuk kebutuhan bulanan ya karena kebutuhan bulanan seperti kita tahu biasanya berhubungan sama makanan; gula, telur, daging, cabai itu pasti naik," katanya dalam program d'Mentor detikcom, Selasa (11/5/2021).

2. Bayar Zakat

Penggunaan THR selanjutnya yang paling penting adalah untuk membayar zakat. Seperti diketahui, setiap masyarakat muslim wajib membayar zakat untuk semua anggota keluarga, termasuk bayi yang baru lahir.

"Kalaupun kita mau membiayai zakat fitrah untuk orang yang tinggal di rumah kita seperti asisten di rumah kita, itu juga menjadi kewajiban kita. Atau kalau ada misalnya driver kita nggak mudik itu memang seyogyanya kita bayarkan," bebernya.

3. Bayar THR ART dkk

Bagi kamu yang memiliki pekerja informal seperti asisten rumah tangga (ART) hingga sopir di rumah, jangan lupa bayarkan THR kepada mereka sebesar satu bulan gaji.

"Itu mau mereka pulang mudik ataupun tidak, mereka mengharapkan THR karena mereka ini kan pekerja informal nah THR-nya otomatis dari kita. Kalau kita ambil dari uang bulanan kan mengganggu cashflow, jadi diambilnya ya dari THR," tuturnya.



Simak Video "Waspada THR Habis, Gaji Habis"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/hns)