Sisa THR Mau Dipakai buat Investasi? Baca Dulu Saran Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 12 Mei 2021 05:30 WIB
Makna THR bagi Karyawan Bergaji UMK
Ilustrasi/Foto: detik
Jakarta -

Uang THR sudah dipakai buat belanja ini itu tapi masih sisa lumayan, mau dipakai buat apa ya? Jika masih bingung ada baiknya baca saran berikut ini.

Perencana Keuangan Aidil Akbar Madjid mengatakan THR dapat digunakan untuk investasi sesuai dengan tujuan kebutuhan uang tersebut. Jika belum tahu mau dipakai buat apa, pilihlah jenis investasi yang memiliki risiko rendah.

"Kalau masih ragu belum tahu mau dipakai buat apa, maka taruh lah di investasi yang sewaktu-waktu bisa kita tarik dan tidak menurun atau risiko untuk turun nilai uangnya kecil," kata Aidil dalam program d'Mentor detikcom, Selasa (11/5/2021).

Aidil mencontohkan investasi yang memiliki risiko rendah seperti deposito, reksadana pasar uang, hingga emas.

"Jadi kalau memang masih belum ada gambaran sebaiknya jangan dimasukkan ke yang agresif dulu. Jadi jangan dimasukkan ke saham, jangan masuk ke reksadana saham, itu jangan dulu karena kalau mau dipakai sahamnya lagi jeblok, yang ada kita rugi pada saat narik uang tersebut," bebernya.

Bagi investor pemula juga tidak disarankan untuk investasi kripto karena risikonya yang terlalu besar. Kalau pun mau mencoba, mulai dari jumlah nominal yang terkecil.

"Jadi benar-benar kripto itu hanya untuk mereka yang sudah punya pengalaman, sudah ngerti apa itu risiko investasi, sudah ngerti apa itu trading kemudian mau lompat ke kripto itu baru boleh. Itu pun bolehnya menggunakan dana-dana dingin salah satunya THR," imbuhnya.



Simak Video "Waspada THR Habis, Gaji Habis"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/hns)