Ini Waktu Terbaik untuk Beli dan Jual Reksa Dana

Sponsored - detikFinance
Jumat, 09 Jul 2021 08:14 WIB
investasi
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Bagi Anda investor pemula yang baru ingin mencoba investasi reksa dana, pasti pernah berpikir mengenai kapan waktu terbaik untuk beli dan jual reksa dana. Mungkin Anda pernah mendengar jika ingin beli reksa dana tunggu saja hingga harganya turun atau tunggu kaya dulu.

Prinsip tersebut merupakan mindset yang salah karena sejatinya reksa dana untuk investasi yang bertujuan untuk mengumpulkan uang, jadi Anda tidak perlu menunggu kaya dulu baru memulainya.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk investasi reksa dana?

Jawabannya adalah sekarang, karena sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai investasi sedini mungkin. Ada banyak website maupun aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mulai membeli reksa dana, salah satunya aplikasi Pluang. Dengan aplikasi ini, baik investor pemula sekalipun tidak akan kesulitan membeli jenis reksa dana yang diinginkan.

Waktu yang Tepat untuk Beli Reksa Dana

Hampir mirip dengan instrumen investasi lainnya, harga reksa dana juga naik turun yang dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang seringkali berubah tanpa bisa ditebak. Sehingga cara terbaik untuk investasi reksa dana adalah dengan membeli rutin di setiap periode yang ditentukan, misalnya tiap bulan setelah gajian, dengan jumlah uang yang sudah Anda alokasikan.

Untuk menentukan alokasi dana untuk investasi, pertama-tama Anda harus tentukan dulu apa tujuan investasi dan untuk berapa lama. Jika sudah mengetahuinya, Anda bisa membagi jumlah pendapatan bulanan setelah dikurangi biaya sehari-hari, uang darurat, dan tabungan untuk dipakai investasi.

Waktu Terbaik untuk Jual Reksa Dana

Soal kapan waktu terbaik untuk menjual reksa dana bisa disesuaikan dengan tujuan investasi Anda. Jika sudah mencapai target return yang diinginkan bahkan sebelum periodenya selesai, Anda bisa menjualnya. Namun jika pun menunggu hingga mencapai target waktu yang sudah Anda tentukan pun tidak jadi masalah.

Jika Anda memilih jenis reksa dana dengan risiko rendah seperti reksa dana pasar uang, tentu return yang didapat juga lebih kecil jika dibanding Anda memilih reksa dana saham. Meski demikian, apapun jenis reksa dana yang Anda pilih, jika sudah diperhitungkan dengan baik dan rutin melakukan pembelian maka return yang didapat bisa sesuai harapan.

Tips Memilih Jenis Reksa Dana Terbaik

Reksa dana adalah kumpulan dana dari investor yang kemudian dikelola oleh manajer investasi untuk dimasukkan pada berbagai instrumen investasi, seperti deposito, obligasi hingga saham. Reksa dana bisa jadi alternatif investasi yang mudah dilakukan karena Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus di bidang keuangan untuk menghitung risiko investasi maupun memikirkan portfolio, karena ada manajer investasi andal yang siap membantu Anda.

Terlebih lagi saat ini investasi reksa dana bisa dilakukan langsung dari smartphone lewat berbagai aplikasi yang menawarkan fasilitas ini. Lalu, bagaimana tips memilih jenis reksa dana terbaik untuk Anda?

Tentukan Tujuan Investasi

Tentukan apakah inestasi untuk jangka pendek atau panjang. Hal ini akan berpengaruh pada pemilihan jenis reksa dana yang akan Anda jadikan pilihan investasi. Sebab, setiap jenis memiliki profil risiko dan return yang berbeda-beda.

Ketahui Profil Risiko

Apakah Anda termasuk yang bisa menerima jika nilai portfolio berubah dramatis? Jika ya, maka reksa dana high risk seperti reksa dana saham adalah pilihan tepat. Namun, jika Anda yang termasuk tipe konservatif yang cenderung menghindari risiko dengan berinvestasi di instrumen yang aman, maka reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap bisa jadi opsi terbaik untuk Anda.

Bekali Diri dengan Informasi

Terus perkaya informasi seputar investasi dan reksa dana. Perlu diketahui, tidak ada investasi yang dalam waktu singkat memberikan high return jika tidak dibarengi dengan besarnya risiko yang harus dihadapi. Selain itu, reksa dana tergolong investasi jangka panjang, bukan jangka pendek sehingga Anda harus paham dulu sebelum mulai berinvestasi.

Rutin Investasi

Jika sudah menentukan jenis reksa dana apa yang ingin Anda jadikan investasi, maka untuk hasil terbaik Anda harus rutin investasi dari penghasilan bulanan.

Nah, apakah Anda sudah siap berinvestasi dalam reksa dana? Apapun jenis reksa dana yang Anda pilih, pastikan sesuai dengan kondisi keuangan Anda ya agar tidak mengganggu kehidupan sehari-hari karena sejatinya investasi hanya sebagian dari pengeluaran rutin bulanan Anda.

(Content Promotion/Feritekno)