Ini Resep Investasi buat Sobat 'Misqueen' yang Kantongnya Pas-pasan

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 15 Jul 2021 07:00 WIB
Jakarta -

Berinvestasi ternyata bukan untuk orang kaya saja, lho. Untuk kamu 'sobat misqueen' yang punya uang pas-pasan ternyata juga bisa mengembangkan uang melalui investasi.

Lantas gimana caranya?

Financial Educator, Angga Andinata mengatakan miskin secara finansial itu atau punya uang pas-pasan bukan menjadi batasan diri untuk tidak berinvestasi. Menurutnya miskin finansial itu boleh karena hanya sementara, yang terpenting tidak boleh miskin mindset.

"Karena kalau miskin mindset itu bisa selamanya, kita nggak boleh apa namanya membatasi diri sendiri, meskipun dari golongan dari orang yang nggak kaya atau menengah ke bawah kemudian kita nggak bisa naik kelas. Itu tidak boleh seperti itu," jelas Angga dalam acara D'mentor detikcom, Rabu (14/7/2021).

Untuk yang memiliki uang pas-pasan menurut Angga investasi terbaik itu di diri sendiri terutama dalam mengedukasi diri sendiri. Apalagi sekarang ini banyak cara untuk belajar berinvestasi bisa di berbagai platform, dari YouTube, Instagram, Seminar, Pelatihan.

"Tapi nggak banyak orang yang mau menginvestasikan uangnya untuk beli buku atau mungkin ikut seminar atau ikut pelatihan. Nggak banyak yang orang mau menginvestasikan di situ, investasi mereka hanya cari cuan," ujar Angga.

Kemudian, harus mengubah kebiasaan atau habit yakni kebiasaan membelanjakan uang jadi lebih saver.

"Kita dari yang dulunya buang uang untuk belanja hal-hal yang nggak penting jadi saver jadi orang yang menabung menyisihkan sebagian uangnya untuk investasi, nah tujuan investasi balik lagi pada yang pertama, utamakan edukasi," kata Angga.

Terakhir, Angga mengingatkan jika modal investasi pas-pasan jangan langsung bertujuan untuk cari cuan. Tetapi coba untuk mencari pola dari investasi yang dilakukan. Misalnya, pelajari pola saham dan kripto dengan modal yang minim.

"Kalau ada rezeki tambahan dan saya mau top up lagi saya sudah tahu polanya. Jadi modal kecil that's not problem jadi belajar untuk cari polanya. Kalau modal kecil bisa profit, dengan modal gede juga bisa profit lebih banyak yang penting tahu polanya," tandasnya.

(eds/eds)