Ini yang Harus Disiapkan agar Pengeluaran Momen Tahun Baru Terkendali

Khoirul Anam - detikFinance
Jumat, 08 Okt 2021 17:14 WIB
Perayaan Tahun Baru
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Tahun baru 2022 tinggal seratus hari lagi. Berbagai cara bisa dilakukan dalam menyambut hari spesial ini. Mulai dari berencana untuk bertukar hadiah, menghabiskan waktu dengan berlibur, atau menghabiskan uang untuk berbelanja.

Bagi sebagian orang, mungkin berbagai rencana di atas cukup menyenangkan. Namun, di sisi lain, momen ini juga terbayang-bayang dengan pengeluaran yang membengkak.

Oleh karena itu, beberapa antisipasi perlu disiapkan dalam menyambut tahun baru dengan keuangan sehat. Dilansir dari CNBC, berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk menyambut akhir tahun agar keuangan tetap terjaga.

Hadiah Jasa dan Keterampilan

Hadiah tak melulu berupa barang atau benda. Hadiah dalam menyambut tahun baru juga bisa berupa jasa atau keterampilan. Cara ini tentu saja bisa membuat kamu lebih hemat dalam menyambut akhir tahun 2021.

Dengan cara ini, kamu dapat memberikan hadiah tanpa harus membuat pengeluaran. Kamu bisa meluangkan waktu untuk membantu mengecat dinding rumah tetangga, menjadi sukarelawan di dapur mereka, hingga membantu anak-anak mereka belajar di rumah.

Susun Wish List

Menyusun wish list atau daftar keinginan sebelum berbelanja online diperlukan agar pengeluaran tetap terkendali. Meski banyak tawaran diskon, kamu jangan mudah dibuat terlena yang menyebabkan pengeluaran membengkak.

Selain wish list, mempertimbangkan barang-barang yang hendak dibeli juga harus dilakukan. Jangan sampai karena euforia tahun baru kamu malah membeli barang-barang yang tidak memiliki banyak kegunaan.

Budgeting

Beberapa penasihat keuangan menyarankan untuk menghabiskan tidak lebih dari 1 persen dari gaji tahunan untuk liburan dan hadiah. Lantas, bagaimana dengan momen akhir tahun?

Kamu mungkin ingin menghabiskan banyak uang untuk menyambut tahun baru. Itu boleh-boleh saja selama tidak melewati batas dana yang telah dialokasikan.

Metode lain dalam menjaga keuangan agar tetap terkendali selama tahun baru sebetulnya bisa dengan solusi 60%. Pertama adalah mengalokasikan tidak lebih dari 60% untuk pengeluaran pasti seperti, biaya makanan, cicilan, listrik, atau biaya sewa.

Selanjutnya, bagi sisa penghasilan 20% untuk tabungan jangka panjang termasuk tabungan pensiun dan 10% untuk tabungan jangka pendek seperti dana darurat. Sementara itu, 10 persen terakhir bisa dialokasikan untuk bersenang-senang. Setelah pengeluaran harian dan keperluan tabungan sudah tertutup, kamu bisa menghabiskan sisa ini demi mendukung semangat kamu.

Selain dengan tips dan metode itu, kamu bisa membantu dalam menjaga pengeluaran selama momen tahun baru dengan dompet digital DANA. Kamu bisa menggunakan fitur Dana Goals agar Bebas Ribet dalam urusan finansial.

DANA Bebas RibetDANA Bebas Ribet Foto: DANA

Sebagai informasi, kamu yang ingin tetap memiliki keuangan sehat di akhir tahun ini juga dapat memanfaatkan fitur-fitur lain yang terdapat dalam aplikasi DANA. Pasalnya, fitur-fitur ini bisa mendukung kamu untuk mewujudkan kesehatan finansial dengan Bebas Ribet.

Misalnya saat melakukan pembayaran, kamu dipermudah karena bisa memilih sumber pembayaran pakai Saldo DANA atau Kartu Bank yang disimpan di DANA. Jadi kamu tidak perlu memikirkan lagi masalah pembayaran yang ribet. Energi kamu bisa kamu fokuskan untuk merealisasikan target hemat finansialmu.

Selain itu juga, DANA juga memungkinkanmu untuk top up hingga transfer dengan gratis alias tanpa biaya admin, sehingga bisa membantumu mengurangi pengeluaran. Hal ini tentu membuat kamu semakin bisa berhemat dan memakai uang untuk keperluan-keperluan yang lebih penting.

Yuk, download & pakai DANA sekarang!

(ncm/ega)