5 Cara Atur Keuangan buat Generasi Sandwich

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 19:30 WIB
Ilustrasi Dompet Kosong
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Generasi sandwich sering sekali disebut sebagai generasi yang tak mudah dan menantang untuk mengelola keuangan. Pasalnya kondisi finansial generasi ini berada di antara untuk memenuhi kebutuhan untuk merawat orang tua dan membiayai kehidupan keluarga muda mereka.

Oleh karena itu, penting untuk mengatur keuangan agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan dengan tepat. Dilansir dari Smartasset, ada beberapa tips yang bisa dilakukan buat kamu para generasi sandwich dalam mengatur keuangan. Berikut di antaranya.

Jujur Soal Kondisi Finansial

Langkah pertama yaitu berbicara dengan orang tua, walaupun langkah ini bisa menjadi tidak nyaman jika orang tua tidak terbuka ketika berbicara perihal uang. Tetapi, jika salah satu tugasmu adalah mengasuh orang tua, cobalah untuk beri pemahaman kepada mereka.

Seperti memberi tahu soal posisi orang tua secara finansial, dalam hal tabungan, utang, pendapatan pensiun, dan apa pengeluaran mereka. Dengan menjabarkan beberapa pemahaman tersebut, orang tua pun akan terbuka dan kondisi keuangan mereka dapat maju.

Menetapkan Ekspektasi Lebih Dini

Sebagai pengasuh dari orang tua, penting untuk menetapkan ekspektasi atau harapan apa yang akan dilakukan atau tidak dilakukan oleh kamu. Jadi, kamu perlu mengetahui apakah orang tua mengharapkan kamu untuk menangani kebutuhan hidup fisik mereka atau juga menawarkan bantuan keuangan.

Tetapi, harus dipahami terlebih bentuk penawaran bantuan keuangan. Apakah bantuan keuangan yang diberikan berbentuk pembayaran tagihan bulanan atau memikul tanggung jawab penuh atas tagihan dan utang-utang mereka.

Tinjau Anggaran Pengeluaran

Menjadi generasi sandwich tentu akan menambah beberapa biaya tambahan, seperti tagihan orang tua yang harus kamu bayarkan. Hal ini mungkin akan berdampak pada penghasilan kamu yang memang harus menjadi pengasuh orang tua.

Bila berada di posisi ini, ada baiknya kamu langsung meninjau anggaran. Ada berapa banyak penghasilan yang bisa dipotong untuk membantu keuangan orang tua. Di sisi lain, pemenuhan akan kebutuhan keluarga sendiri dapat tercukupi.

Klik halaman selanjutnya >>