6 Cara Self Reward yang Nggak Bikin Keuangan Boncos

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 22 Okt 2021 19:49 WIB
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Padatnya rutinitas pekerjaan tak boleh jadi alasan melupakan kebahagiaan diri sendiri. Kamu bisa membahagiakan diri sendiri dengan memberi self reward. Asal jangan kebablasan!

Meski kebutuhan menabung harus selalu diprioritaskan, kamu tak perlu takut sesekali menggunakan pendapatan untuk memberi hadiah pada diri sendiri (self reward). Pasalnya, hal ini merupakan salah satu cara untuk lebih mencintai diri sendiri dan bagi beberapa orang hal itu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental.

Agar tak boros dalam melakukan self reward, kamu bisa simak 6 cara berikut yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Atur Budget untuk Menyenangkan Diri

Agar tak mengganggu tabungan, kamu bisa mulai mempersiapkan budget khusus untuk menyenangkan diri sendiri dengan memisahkannya ke pos keuangan khusus. Tak perlu jumlah yang besar, yang penting kamu merasa cukup dengan budget tersebut dan sesuai dengan kebutuhan.

Kamu juga bisa membuat anggaran self reward untuk digunakan setiap bulannya, atau untuk disisihkan sedikit demi sedikit secara rutin hingga terkumpul dalam nominal tertentu yang nantinya bisa digunakan saat berlibur atau membeli hadiah mahal untuk diri sendiri.

2. Manjakan Diri dengan Pengeluaran Kecil

Meski menabung menjadi salah satu cara ideal untuk bisa menghadiahi diri sendiri, tak ada salahnya juga untuk kamu sesekali memanjakan diri dengan pengeluaran kecil. Misal, menggunakan sedikit jatah gaji untuk bersantai di akhir pekan menikmati kopi susu dari kafe favorit atau cake lezat dari bakery ternama.

Kamu juga bisa menggunakan sedikit gaji untuk membeli barang-barang yang bisa memanjakan diri, misalnya lilin aromaterapi agar tubuh rileks meski di rumah, atau membeli skincare dan make up yang sudah lama diidamkan.

3. Sisihkan Waktu untuk Me Time

Bicara soal self reward tak melulu harus tentang hal-hal yang enak dan mewah, sebab kamu bisa menghadiahi diri sendiri dengan me time yang berkualitas. Me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri bisa dilakukan tanpa bikin boncos, misalnya bersantai di rumah dengan membaca buku, melukis, atau nonton serial drama seharian. Tanpa perlu mahal, kamu bisa menyenangkan diri sendiri dengan cara-cara yang sederhana.

Klik halaman selanjutnya >>>