Tips Atur Keuangan-Investasi Jelang Akhir Tahun di Tengah Pandemi

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 10 Nov 2021 16:00 WIB
Ilustrasi perencanaan keuangan
Ilustrasi Perencanaan Keuangan (Foto: Shutterstock)

Kemudian, rekomendasi investasi jelang akhir tahun ini disarankan yang paling aman obligasi negara baik itu Obligasi Negara Ritel (ORI) atau Sukuk. Andi menjelaskan alasan investasi itu lebih baik, karena dari segi keamanan jelas lebih aman karena yang menjamin pemerintah.

"Kedua nilai bunganya itu masih di atas deposito bank. Jadi secara imbal hasil lebih menjanjikan dibandingkan deposito. Ketiga dari risiko investasinya kemungkianan investasinya lebih baik daripada pasar saham," tuturnya.

Menurutnya pasar saham jelang akhir tahun ini kemungkinan akan mengalami penurunan karena banyak faktor. Misalnya krisis properti di China karena pengelola real estate seperti Evergrande tengah mengalami penumpukan utang.

"Kasus kedua, Amerika memberlakukan tapering. Yang kita takutkan berimbas ke akan terjadi penurunan IHSG penurunan nilai ataupun harga saham di IHSG," katanya.

Meski demikian, pilihan investasi juga kembali lagi kepada kemampuan dan risiko yang bisa diterima oleh seseorang.

"Mungkin orang-orang yang bersifat agresif dan terbiasa trading mereka tentu bisa melihat lebih cermat walaupun IHSG turun tetapi kan ada saham saham yang terlihat lebih baik. Nah itu mereka cukup cermat melihat hal-hal tersebut," ungkapnya.

"kalau kita baru belajar trading sebaiknya dicermati dulu jangan sampai kita salah beli. Misal orang-orang yang agresif melihat bitcoin lebih bagus ya silahkan saja tetapi harus lebih cermat karena bitcoin lebih fluktuatif," tutupnya.


(dna/dna)