5 Resolusi Tahun Baru Biar Keuangan Makin Kinclong (1)

Gitaria Eka Puspitasari – Aidil Akbar Madjid & Partners - detikFinance
Senin, 27 Des 2021 08:00 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Menjelang pergantian tahun, satu hal yang biasanya dilakukan adalah membuat resolusi atau rencana masa depan yang berisikan sejumlah perbaikan diri untuk dilakukan.

Finansial merupakan salah satu aspek dalam kehidupan yang biasanya menjadi prioritas dalam menyusun resolusi, karena setiap orang pasti ingin memiliki kondisi keuangan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Tahun 2021 hanya tinggal tersisa beberapa hari lagi, ada baiknya kamu mulai menyusun resolusi keuangan, agar di tahun baru 2022 dapat langsung melaksanakan apa yang sudah direncanakan saat ini atau langsung tancap gas.

Resolusi keuangan yang dapat diterapkan di 2022:

1. Memiliki Dana Darurat

Pandemi memberikan pelajaran bahwa resiko berkurangnya pendapatan, hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) yang mengakibatkan pendapatan berhenti sama sekali, dapat terjadi kapan saja tanpa di duga sebelumnya.

Dengan adanya risiko berkurangnya penghasilan hingga berhentinya sumber pendapatan yang dapat terjadi kapan saja, maka memiliki dana darurat dengan jumlah ideal wajib dimasukkan sebagai resolusi keuangan di tahun 2022.

Berapa jumlah dana darurat yang sebaiknya dimiliki?

Untuk mudahnya, kamu dapat menggunakan penghitungan sederhana seperti ini:

a. Status lajang dan tidak memiliki tanggungan sebesar 3x pengeluaran bulanan.
b. Status menikah dan belum memiliki anak sebesar 6x pengeluaran bulanan.
c. Status menikah dan memiliki anak sebesar 12x pengeluaran bulanan.

Selain ketiga hal tersebut di atas, kamu juga dapat mempertimbangkan berapa orang jumlah yang bergantung dengan pendapatan yang kamu miliki (anak, orang tua, maupun tanggungan lainnya di luar hubungan kekerabatan), serta risiko pekerjaan, profesi, dan usaha yang dilakukan sebagai dasar perhitungan jumlah dana darurat yang ideal.

Jika pada tahun 2021 kamu belum memiliki dana darurat sama sekali, jadikan dana darurat sebagai prioritas dalam menyusun resolusi keuangan di tahun 2022. Sedangkan, jika kamu sudah memiliki dana darurat, tinggal melanjutkan untuk mengumpulkan dana hingga mencapai jumlah ideal.

Berlanjut ke halaman berikutnya.