Baru Mulai Bisnis Online? Ternyata Begini Cara Praktis Atur Uangnya!

Dea Duta Aulia - detikFinance
Senin, 07 Mar 2022 19:05 WIB
Shutterstock
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tren belanja beragam kebutuhan secara daring terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal tersebut menjadi daya tarik banyak orang untuk memulai membuka bisnis online.

Meskipun begitu, membuka bisnis secara daring bukan hanya soal meng-upload produk dan menunggu order-an masuk saja. Lebih dari itu pelaku usaha yang memutuskan untuk mulai membuka toko secara online harus memiliki strategi khusus agar bisnisnya mampu bertahan hingga masa mendatang.

Salah satu strategi yang mesti dicermati oleh para pelaku usaha yakni mengatur uang ketika pertama kali mulai menjalankan bisnis secara daring. Berikut adalah tips mengatur uang saat mulai menjalankan bisnis secara daring ala Forbes.

Buat Rekening Terpisah

Langkah pertama yang bisa dilakukan yakni kamu harus membuat atau memiliki rekening secara terpisah. Pastikan antara rekening pribadi dan bisnis tidak tercampur.

Hal tersebut bertujuan agar cash flow atau arus kas dapat berjalan dengan baik. Selain itu dengan melakukan hal tersebut para pelaku usaha akan dengan mudah untuk membuat pembukuan serta mengetahui jumlah uang yang didapatkan dan dikeluarkan.

Terapkan Pembukuan Keuangan dengan Baik

Saat awal menjalankan bisnis daring pastikan kamu membuat pembukuan keuangan yang baik. Sebab dengan pembukuan keuangan maka kamu akan dengan mudah membuat catatan akurat terkait bisnis yang sedang dijalani.

Selain itu, pembukuan keuangan mempermudah kamu untuk mengetahui kinerja usaha kesehatan dari keuangan bisnis yang sedang dirintis.

Fokus Penjualan dan Pengelolaan Uang

Keuntungan yang didapatkan kerap membuat banyak pelaku usaha memiliki keinginan mengembangkan lagi bisnis yang dimilikinya. Sebelum melakukan pengembangan bisnis ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Kamu perlu memastikan memiliki sistem keuangan bisnis yang efektif. Sehingga sistem keuangan bisa menjadi fondasi bagi bisnis kamu untuk bertahan dan berkembang hingga masa mendatang.

Selalu Cek Daftar Transaksi

Melakukan pengecekan daftar transaksi secara berkala merupakan hal penting untuk dilakukan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui arus uang yang keluar dan masuk pada bisnis kamu.

Melakukan pengecekan transaksi secara berkala turut membantu kamu untuk meminimalisir belanja hal-hal yang tidak dibutuhkan untuk pengembangan usaha.

Manfaatkan Layanan Kirim Uang yang Praktis

Meskipun saat ini banyak layanan keuangan yang menyajikan beragam keuntungan, pastikan kamu memilih yang terpercaya dan praktis seperti dompet digital DANA.

Dana Bebas Drama Foto: Dok. DANA

Dompet digital DANA memiliki banyak keunggulan yang cocok banget untuk kamu yang sedang memulai bisnis secara daring. Adapun keuntungan yang bisa kamu rasakan yakni bisa transfer ke sesama DANA, transfer antar bank atau bank lain lebih mudah, dan bisa transfer via chat atau sosial media hanya dengan mengirimkan link pembayaran. Bisa dibayangkan, kalau kamu & pelangganmu sama-sama menggunakan DANA untuk Kirim Uang? Pastinya transaksi jadi semakin mudah & lancar.

Kemudahan lain yang bisa dirasakan yakni kamu dapat memilih sumber uang dengan fleksibel. Sebab pengguna DANA bisa memilih Kirim Uang pakai Saldo DANA atau pakai Kartu Bank yang sudah disimpan di dompet digital tersebut.

Menarik banget kan? Yuk, download dan pakai DANA agar keuangan bisnis online kamu #BebasDrama.

(akn/ega)