ADVERTISEMENT

THR Cair! Begini Cara Atur Duitnya Biar Nggak Cuma Numpang Lewat

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 19 Apr 2022 12:45 WIB
Ilustrasi THR
THR Cair! Begini Cara Atur Duitnya Biar Nggak Cuma Numpang Lewat/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Tunjangan Hari Raya atau THR menjadi hal yang paling dinanti menjelang Hari Raya Idul Fitri. Nah, supaya THR awet dan nggak cepat habis, bagaimana cara mengaturnya?

Perencana Keuangan Andy Nugroho menjelaskan bahwa alokasi THR harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika prioritasnya untuk pulang kampung, maka tinggal atur saja penggunaannya. Andy mengatakan bahwa THR harus dibagi menjadi dua.

"Itu kita alokasikan itu, minimal dibagi dua. Bagi dua itu apa aja? Untuk kebutuhan berlebaran plus pulang kampung itu tadi gitu ya," kata Andy kepada detikcom, Selasa (19/4/2022).

Selain itu, Andy menyarankan THR sebaiknya disisihkan untuk ditabung atau disimpan sebagai dana darurat. THR juga bisa diinvestasikan sebagian.

Dalam hal ini, masyarakat diminta untuk berhati-hati saat menginvestasikan sebagian THR. Masyarakat diharapkan memahami profil risiko investasi yang ingin diambil.

Misalnya, jika lebih bersifat konvensional, maka bisa memilih investasi yang risikonya rendah. Kalau bersifat agresif, maka boleh mengambil instrumen seperti kripto, saham, dan lain-lain.

Lebih lanjut Andy pun menerangkan bahwa sebaiknya masyarakat tidak fokus pada satu instrumen. Jangan hanya fokus berinvestasi pada saham atau kripto saja, lebih baik menaruh sebagian THR di produk investasi yang lainnya.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT