THR Cair Bisa 'Diternak' Jadi Duit Lagi Lho! Ini Tipsnya

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 19 Apr 2022 15:21 WIB
Ilustrasi THR
THR Cair Bisa 'Diternak' Jadi Duit Lagi Lho! Ini Tipsnya/Foto: detikcom
Jakarta -

Sebagian masyarakat sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) menjelang Idul Fitri. Bagi yang ingin mengalokasikannya untuk investasi, maka dapat menyimak saran dari perencana keuangan berikut.

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum menginvestasikan THR adalah memahami profil kemampuan dalam menerima risiko. Jika masuk kategori konservatif,
maka tidak disarankan bermain di instrumen investasi yang agresif.

"Nah, hitungan investasi apa yang cocok untuk kita, kalo saya selalu tanya dulu atau selalu nyaranin, awalnya kita cek dulu, pahami dulu profil kemampuan kita menerima risiko itu seperti apa," kata Perencana Keuangan Andy Nugroho kepada detikcom, Selasa (19/4/2022).

Dengan memahami profil risiko, maka kia lebih mudah dalam memilih produk investasi yang lebih tepat. Menurut Andy, hal tersebut akan membantu masyarakat untuk memahami bahwa tidak semua produk investasi cocok bagi semua orang. Selain itu, pertimbangan aspek kenyamanan juga perlu diperhatikan.

"Kebalikannya, saya masuk ke deposito gitu. Tapi setelah beberapa bulan saya ngerasa kurang nyaman. Nah berarti itu juga kurang tepat," tutur Andy.

Menurutnya, jika masyarakat merasa kurang pas dalam berinvestasi di sebuah instrumen, maka sebaiknya mencari produk lainnya.

Jangan investasi di satu instrumen. Cek halaman berikutnya.