Merdeka Finansial di Hari Tua, Lakukan Hal Ini di Usia 20-an

Dea Duta Aulia - detikFinance
Sabtu, 23 Apr 2022 18:19 WIB
Ilustrasi merdeka finansial
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mempersiapkan masa tua secara matang adalah sebuah keharusan. Pasalnya, saat itu tiba, banyak orang yang produktivitasnya menurun sehingga berdampak negatif pada finansial.

Meskipun begitu, mempersiapkan hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Generasi muda yang tergolong masih produktif kerap terlena oleh keadaan dan melupakan hal penting tersebut. Imbasnya, merdeka finansial di masa tua akan sulit untuk tercapai.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah langkah yang perlu dilakukan agar masa-masa pensiun dapat merasakan merdeka finansial.

Jangan FOMO Berlebih

Fear of Missing Out (FOMO) salah satu fenomena yang kerap dirasakan oleh anak muda khususnya di era digital seperti saat ini. FOMO sendiri merupakan suatu perasaan takut ketinggal dengan tren yang sedang populer. Sebagai contoh, saat sedang tren sepatu sneakers, rasa ingin mengikuti tren tersebut agar mendapatkan pengakuan sosial itu lah yang disebut FOMO.

Mengikuti tren sebenarnya tidak ada salahnya asal diimbangi dengan kemampuan finansial yang kokoh. Namun jika tidak mendukung, maka hal itu akan membebani diri sendiri karena terus mengikuti tren yang terus berkembang. Sekalipun itu mengikuti tren, pilihlah tren yang bisa menghadirkan manfaat bagi diri sendiri dan masa depan.

Menambah Kemampuan

Menambah kemampuan yang dimiliki juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan masa tua. Sebab dengan kemampuan yang terus terasah dan ditambah, kamu bisa memiliki pengalaman lebih banyak dalam bidang yang ditekuni. Hal itulah yang bisa menjadi nilai tambah kamu dalam mengumpulkan pundi-pundi.

Mulai Budayakan Menabung

Agar masa tua finansial tetap terjaga, kamu harus membiasakan diri menabung. Untuk itu sejak muda sebisa mungkin telah menerapkan konsep 50, 30, dan 20 dalam mengelola keuangan.

Kamu bisa menggunakan 50% uang untuk kebutuhan pokok, 30% untuk menyenangkan diri, dan 20% untuk ditabung. Agar konsep ini berjalan maksimal, kamu perlu imbangi dengan konsistensi. Tanpa hal tersebut maka konsep tersebut tidak akan berjalan maksimal.

Berinvestasi

Setelah menerapkan konsep di atas, kamu bisa memanfaatkan sejumlah instrumen investasi. Melalui investasi, uang yang kamu miliki bisa terus bertambah. Namun dengan catatan, kamu menginvestasikan uang yang dimiliki pada instrumen yang tepat.

Agar tidak salah pilih instrumen investasi, kamu bisa memanfaatkan emas. Meskipun kenaikan harganya relatif lebih lama dengan instrumen investasi lainnya, namun emas cenderung aman dan minim risiko. Nah, untuk memanfaatkan instrumen investasi tersebut kamu bisa membeli emas digital melalui fitur eMAS di aplikasi DANA.

DANADANA Foto: dok. DANA

DANA menghadirkan sejumlah manfaat yang #BebasDrama bagi kamu yang ingin menabung eMAS. Sebab dompet digital DANA tidak hanya memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin berinvestasi eMAS, namun juga turut memberikan keuntungan. Pasalnya untuk pembelian eMAS pertamamu, kamu bisa mendapatkan cashback 50%.

Yuk manfaatkan kemudahan DANA dengan langsung download aplikasi DANA sekarang!

(ads/ads)