3 Hal Penting yang Wajib Diketahui agar Bisa Investasi Secara Aman

ADVERTISEMENT

3 Hal Penting yang Wajib Diketahui agar Bisa Investasi Secara Aman

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Rabu, 11 Mei 2022 15:56 WIB
Ilustrasi Investasi
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Generasi milenial semakin melek investasi. Hal ini terlihat dari naiknya tren investasi di kalangan milenial selama pandemi.

Namun, tidak sedikit juga investor yang kemudian terjebak dalam salah kaprah soal investasi. Kebanyakan melihat investasi sebagai cara mendapatkan untung besar dalam waktu singkat. Padahal tidak demikian.

Founder & CEO Coffee Meets Stocks Theo Derick mengatakan berinvestasi tidak bisa instan, melainkan perlu waktu. Untuk itu, sebaiknya mulailah investasi dari sekarang.

"Waktu terbaik investasi adalah kemarin, dan nomor duanya sekarang," kata Theo dikutip dari laman Jenius Co.Create.

Selain itu, diperlukan persiapan yang matang untuk mendapatkan hasil maksimal. Dalam salah satu kegiatan Co.Create Club yang digelar di Liberica Mal Kota Kasablanka Jakarta pada awal April lalu, Theo pun membagikan apa saja hal yang perlu disiapkan sebelum mulai berinvestasi.

1. Fondasi Keuangan Harus Kuat

Menurutnya, hal penting yang wajib diperhatikan sebelum berinvestasi adalah perkuat fondasi finansial. Caranya dengan melakukan manajemen keuangan melalui budgeting yang baik. Jangan sampai penghasilan lebih kecil dibanding pengeluaran.

Theo menyarankan agar kamu memiliki cicilan yang sehat dengan porsi 20-25% dari pendapatan. Selain itu, usahakan untuk memiliki perlindungan asuransi. Serta tidak lupa menyiapkan dana darurat sebesar 6-12 kali dari pengeluaran per bulan.

"Punya fondasi finansial yang kukuh itu wajib karena investasi berisiko memengaruhi cash flow," ungkapnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT