Sering Cemas? Hati-hati, Kecemasan Bisa Berpengaruh pada Finansial!

Hanifa Widyas - detikFinance
Jumat, 24 Jun 2022 12:41 WIB
Ilustrasi Cemas
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Kecemasan memang menjadi salah satu kondisi yang patut diperhatikan oleh sebagian orang. Bagi beberapa orang yang kerap mengalami gangguan kecemasan, pasti tidak asing lagi dengan tanda-tandanya yang tidak jarang berdampak pada kegiatan sehari-hari.

Bila seseorang pernah mengalami kecemasan, ada beberapa ciri-ciri yang bisa terjadi, seperti jantung berdetak kencang hingga kesulitan tidur. Lebih dari itu, kecemasan ternyata bisa mempengaruhi beberapa aspek di kehidupan seseorang bahkan finansial. Hal ini membuktikan kecemasan bukanlah hal yang sepele. Berikut dampak kecemasan pada finansial seseorang.

Kehilangan Fokus

Kecemasan bisa datang jika pikiran sedang berkecamuk. Hal tersebut dapat membuat seseorang sulit untuk fokus baik saat bekerja, sekolah, bahkan ketika saat bertransaksi, yang mana bisa mempengaruhi finansial.

Bayangkan saja, misalnya saat bertransaksi online, salah memasukkan nomor rekening atau kelebihan memasukkan jumlah transfer karena tidak fokus. Bisa-bisa kehilangan sejumlah uang yang dimiliki bukan?

Bingung Mengelola Keuangan

Kecemasan biasanya dapat mengundang overthinking, yang dapat mempengaruhi kemampuan dalam merencanakan keuangan. Saat overthinking, terkadang apa yang ingin dilakukan terhalangi oleh pikiran-pikiran yang belum tentu akan terjadi.

Misalnya jika overthinking saat ingin menabung dan berpikir kalau uang yang ditabung itu tidak aman dan bisa hilang, dapat menunda keinginan untuk menyisihkan uang. Atau jika overthinking saat ingin berinvestasi, bukan tidak mungkin kalau keinginan tersebut akan terus tertunda akibat kecemasan-kecemasan yang dimiliki.

Transaksi Tertunda

Saat melakukan sesuatu dalam keadaan cemas, biasanya akan banyak hal yang tidak-tidak yang akan muncul di pikiran kita. Pikiran-pikiran ini yang bisa menghambat saat bertransaksi.

Seperti contoh saat ingin transfer uang tapi cemas uang itu akan nyangkut atau tidak terkirim ke tujuan, ini bisa membuat kita menunda untuk melakukan hal itu. Contoh lainnya ialah saat sedang flash sale, kamu cemas untuk membeli barang incaranmu, bisa-bisa kamu didahului oleh orang lain. Alhasil kamu tidak dapat barang tersebut.

Maka dari itu, mulai dari sekarang, mulailah mengurangi rasa cemas saat bertransaksi. Ada satu cara mudah yang kamu bisa lakukan untuk mengurangi rasa cemas tersebut, yakni dengan bertransaksi menggunakan dompet digital DANA. Pasalnya DANA memiliki sistem keamanan berlapis & dinamis DANA Protection yang akan menjamin keamanan setiap transaksimu. Salah satunya ialah dengan perlindungan PIN, Kode OTP dan DANA Viz.

DANA Bebas CemasDANA Bebas Cemas Foto: DANA

Gak cuma itu aja, jika terjadi kendala pun, kamu masih bisa langsung melaporkan kendalamu sekaligus mengecek progress penyelesaiannya di fitur Pusat Resolusi 24/7 di aplikasi DANA. Dengan begini pastinya rasa cemasmu bisa berkurang bahkan hilang karena adanya kepastian.

Yang bikin tenangnya lagi, ada DANA Customer Care 24 Jam yang siap membantu kapanpun dibutuhkan. Untuk menghubunginya pun gampang, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Pusat Resolusi DANA.

Jadi tunggu apalagi, yuk kurangi beban pikiranmu & mulai hidup Bebas Cemas serta #BebasDrama dengan download & pakai aplikasi DANA dari sekarang!



Simak Video "Ibarat Google Maps, Ini Efek dari Bikin Perencanaan Keuangan"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)