Apa-apa Serba Naik, Ini 7 Cara Dapat Penghasilan Tambahan buat Karyawan

ADVERTISEMENT

Apa-apa Serba Naik, Ini 7 Cara Dapat Penghasilan Tambahan buat Karyawan

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 12 Sep 2022 13:10 WIB
Ilustrasi THR
Apa-apa Serba Naik, Ini 7 Cara Dapat Penghasilan Tambahan buat Karyawan/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Menjadi pegawai swasta atau negeri bisa menjadi kebanggaan tersendiri karena memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Sayangnya pendapatan bulanan yang didapat bagi sebagian orang terkadang belum cukup memenuhi kebutuhannya.

Apalagi saat ini apa-apa serba naik seiring kenaikan harga BBM Pertalite, Solar dan Pertamax yang sudah naik sejak 3 September 2022. Kenaikan itu langsung diikuti oleh sejumlah sektor transportasi, pangan, dan lainnya.

"Karena kondisi saat ini harga-harga barang serba naik, sementara gaji kita tidak ikut naik, maka memang sebaiknya kita mencari penghasilan tambahan agar bisa tetap memenuhi kebutuhan kita," kata Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia Andy Nugroho kepada detikcom, Senin (12/9/2022).

Jika kamu ingin menambah penghasilan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka usaha sampingan. Ada banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan karyawan swasta tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Daftar Ide Usaha Sampingan:

1. Jasa Fotografer/Videografer

Usaha sampingan pertama yang bisa dilakukan karyawan untuk mendapat penghasilan tambahan adalah membuka jasa fotografer/videografer. Pekerjaan sampingan ini hanya butuh skill atau keterampilan khusus.

"Pekerjaan yang butuh skill khusus misalnya kita bekerja sebagai fotografer, videografer, sosial media manager, tour guide atau apapun yang pada hakikatnya kita memberikan jasa kita kepada pihak lain," tutur Andi.

2. Reseller atau Dropship Barang Online

Usaha sampingan lainnya adalah menjadi reseller barang-barang yang dijual secara online. Dengan begini kamu tidak butuh modal besar.

Di sini kamu cukup menjual barang yang disediakan oleh supplier. Kamu bisa mulai menjajakan dagangan melalui media sosial atau melalui e-commerce ternama. Mudah kan?

3. Jual Bumbu Instan Siap Pakai

Di era yang serba modern dan serba cepat ini, segala sesuatu dituntut untuk terlayani dengan cepat pula bahkan untuk makanan. Sayangnya, karena hal ini, banyak orang beralih ke makanan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan.

Menjual bumbu instan atau makanan instan buatan sendiri tentunya akan sangat membantu bagi orang lain yang tidak punya waktu untuk memasak atau menyiapkan makanan sehari-hari. Kamu dapat membantu orang lain menyajikan hidangan yang lebih praktis dengan bumbu dan bahan siap saji.

Ada usaha apa lagi ya? Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT