Cobain Nih Kiat Atur Uang ala Emak-emak Jepang, Bikin Cepat Kaya!

ADVERTISEMENT

Cobain Nih Kiat Atur Uang ala Emak-emak Jepang, Bikin Cepat Kaya!

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Rabu, 21 Des 2022 18:05 WIB
Ilustrasi menabung
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Warga negara Jepang terkenal ulet. Gaya hidupnya cenderung hemat, dan mereka tidak suka menghamburkan uang untuk hal yang tidak penting.

Dalam hal mengatur keuangan, masyarakat Jepang punya 1 metode menabung, Kakeibo namanya. Mengutip Money Crasher, Kakeibo sendiri berarti catatan keuangan rumah tangga. Sehingga tidak heran bila metode ini sering dipakai oleh ibu-ibu di sana.

Konon katanya, metode Kakeibo sudah ada sejak tahun 1994, dan dipercaya bisa bikin cepat kaya, lho. Hal ini karena dana bulanan dialokasikan secara maksimal. Selain itu, kamu juga dituntut untuk lebih berhemat dan cermat dalam membelanjakan uang yang dimiliki.

Sebelum mulai menerapkan metode menabung Kakeibo ala orang Jepang, simak dulu penjelasan berikut.

1. Siapkan Notebook dan Pena

Metode Kakeibo dilakukan secara manual. Atau dengan kata lain, catatan keuangan harus ditulis di atas kertas atau buku catatan khusus alih-alih aplikasi keuangan. Cara ini dianggap lebih efektif karena mendorong kamu untuk lebih mindful dan berhati-hati dalam menggunakan uang.

2. Catat Setiap Pengeluaran

Kakeibo menitikberatkan pada pencatatan pengeluaran bulanan secara detail. Karena memang tujuan utamanya yaitu untuk mengontrol seluruh pengeluaran seminimal mungkin.

Dalam praktiknya, masyarakat Jepang akan membagi pengeluaran ke dalam empat kategori. Pertama untuk keperluan biaya sekolah, makan, transportasi, dan kesehatan. Lalu untuk kebutuhan opsional seperti belanja dan makan di luar.

Ketiga yaitu untuk kebutuhan hiburan, termasuk internet. Dan keempat untuk kebutuhan tidak terduga. Setelah semua pengeluaran dihitung, maka selanjutnya kamu bisa memperkirakan jumlah yang akan disisihkan untuk ditabung.

3. Lakukan Evaluasi

Agar optimal, biasanya emak-emak di Jepang akan melakukan evaluasi setiap minggu, apakah uang tersebut sudah dikeluarkan sesuai dengan pos-pos yang direncanakan sebelumnya. Jika belum, maka dijadikan masukan untuk memperbaikinya di bulan berikutnya.

Itulah tadi beberapa tips menabung kakeibo ala ibu rumah tangga Jepang. Apapun metode yang dipilih, yang terpenting adalah konsistensi untuk menyisihkan uang tabungan sejak dini.

Apalagi saat ini menabung dan bertransaksi semakin mudah dilakukan di BNI. Ditambah, dengan semakin sering menabung dan bertransaksi pakai BNI Mobile Banking & Kartu Debit BNI, semakin besar juga peluang kamu untuk memenangkan UNDIAN REJEKI BNI #GaPakeNanti.

Ada mobil Land Rover Defender 110 menanti kamu loh!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT