Follow detikFinance
Rabu 01 Nov 2017, 07:07 WIB

Bikin 'Silicon Valley' Indonesia, BSD Siapkan Rp 7 Triliun

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Bikin Silicon Valley Indonesia, BSD Siapkan Rp 7 Triliun Foto: Pool
Jakarta - Pengembang BSD City tengah membangun kawasan komunitas digital yang bernama Digital Hub. Kawasan yang berada di Tangerang ini disebut-sebut sebagai Silicon Valley versi Indonesia.

Menurut Managing Director President Office Sinarmas Land, Dhony Rahajoe, proyek pusat bertemunya inovator dan investor itu membutuhkan investasi hingga Rp 7 triliun.

"BSD itu ingin menjadi smart digital city, makanya kami coba bangun Silicon Valley versi Indonesia di sana," katanya, saat berkunjung ke kantor detikcom bersama jajaran direksi Sinarmas, Selasa (21/10/2017).

Digital Hub dibangun di kawasan seluas 25 hektar yang letaknya di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Proyek ini memakan waktu setidaknya hingga 10 tahun lebih.

"Nantinya digital hub ini akan memberi kontribusi ke digital ekonomi Indonesia," ujarnya.

Tahap pertama proyek ini dimulai Juni 2017, yaitu pembangunan Knowledge Hub yang direncanakan rampung 2019 mendatang.

Pihaknya berencana melengkapi kawasan ini dengan berbagai fasilitas, mulai dari startup, incubator, institusi pendidikan yang bergerak di bidang ICT hingga perusahaan teknologi.

Beberapa perusahaan teknologi asing sudah diajak kerja sama untuk berkontribusi ke daerah ini. Contohnya Apple Inc, Plug and Play, Huawei, dan lain-lain.

Apple sendiri telah berkomitmen untuk membangun pusat inovasi dan penelitian di wilayah tersebut.

Kawasan ini secara khusus didesain oleh NBBJ, konsultan arsitektur asal Amerika Serikat yang mendesain perusahaan berbasis teknologi seperti Microsoft, Amazon, dan kantor pusat Samsung di Silicon Valley. (ang/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed