Follow detikFinance
Rabu, 28 Feb 2018 11:30 WIB

Warga Lebih Tertarik Rumah Tapak DP Rp 0 di Rorotan Ketimbang Rusun

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Warga mulai menyerbu lokasi rumah tapak DP Rp 0 di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, yang rencananya hari ini segera diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sebelumnya juga telah diresmikan rumah susun (rusun) DP Rp 0 di Pondok Kelapa.

detikFinance pun mewawancarai warga yang datang untuk melihat lokasi pembangunan perumahan tapak tersebut. Mereka mengaku lebih mendambakan rumah tapak ketimbang rusun. Apa alasannya?

"Kalau di rumah tapak ini kan kayaknya untuk orang-orang kayak kita kan sosialisasinya lebih mudah ya, bersosialisasi dengan lingkungan, itu pertama," kata salah satu warga, Abduh di lokasi, Rabu (28/2/2018).


Selain itu, menurut dia rumah tapak jauh lebih nyaman dibanding rusun. Alhasil dia menyambut baik rencana Pemprov DKI yang mau menyediakan rumah tapak.

"Rumah tapak tidak terlalu sumpek ya, kalau kata kita bilang. Rumah susun itu kan terkenal sumpek, kumuh, segala macam dengan segitu banyak manusia kan. Kalau di rumah tapak ini kan hanya segelintir orang saja gitu. Jadi lebih nyaman lah," sebutnya.

Warga lain, Cecep Syarif juga mengatakan lebih tertarik dengan konsep rumah tapak apalagi yang harganya terjangkau buat kelas menengah ke bawah.

"Kelebihan rumah tapak, salah satunya kita jadi punya tanah juga. Kan dibandingkan rumah susun kita nggak punya tanah. Terus juga kalau ada uang lebih kan bisa diperbesar lagi. Bisa saya ditambah ruangan lagi, ditingkat lagi," ujarnya.


Sementara rusun tidak bisa diapa-apakan lagi, alias tidak bisa diperluas maupun ditingkatkan. "Kalau di rusun kan ya sudah begitu saja paten, nggak bisa diapa-apakan," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed